oleh

Cegah Penyebaran DBD, Lamtim Canangkan PSN

radarlampung.co.id – Menyikapi meningkatnya serangan penyakit demam berdarah dengeu (DBD), Pemerintah Kabupaten Lampung Timur langsung bergerak.

Itu antara lain dilakukan melalui deklarasi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Desa Sukadana Ilir Kecamatan Sukadana, Jumat (31/1). Deklarasi itu dipimpin langsung Bupati Lampung Timur didampingi Kadis Kesehatan dr.Nanang Salman Saleh dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD). “Gerakan PSN ini akan dilaksanakan di seluruh kecamatan bahkan tidak menutup kemungkinan di seluruh desa. Itu agar Lamtim terhindar dari wabah DBD,”kata Zaiful Bokhari.

Pada kesempatan tersebut, Zaiful juga mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam gerakan PSN. Itu antara lain melalui kegiatan menutup, mengubur dan menguras (3M) tempat-tempat yang potensial menjadi sarang nyamuk.

Baca :   MTQ Kabupaten Lamtim Lombakan 7 Cabang

Deklarasi itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis bubuk larvasida (abate) atau bubuk pembasmi jentik nyamuk kepada masyarakat. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan gotong-royong membersihkan lingkungan dan tempat-tempat yang potensial menjadi sarang nyamuk.

Diketahui, serangam penyakit demam berdarah dengeu (DBD) menghantui warga Kabupaten Lampung Timur.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan setempat, selama periode Januari 2020 ini warga Lamtim yang terserang penyakit disebabkan gigitan nyamuk aedes aegepty itu meningkat dari 13 menjadi 57 orang.

Baca :   MTQ Kabupaten Lamtim Lombakan 7 Cabang

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur dr. Nanang Salman Saleh menjelaskan, warga yang terserang DBD tersebar di Kecamatam Sukadana, Batanghari, Sekampung, Sekampungudik, Purbolinggo, Pekalongan dan Bandarsribowono. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi