oleh

KNPI Bandarlampung Siap Bekali Pemuda Era 4.0

radarlampung.co.id – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandarlampung dorong peran pemuda dalam menyongsong era revolusi 4.0. Pemuda menjadi garda terdepan dalam memulai perubahan dan peduli terhadap kemajuan Kota Tapis Berseri.

Ketua DPD KNPI Kota Bandarlampung Iqbal Ardiansyah, S.Si, mengatakan, di zaman digitalisasi saat ini, peran pemuda selain dapat mengkritik dimedia sosial, harus dibekali pemahaman menjadi agen perubahan yang dapat memberikan solusi bagi masyarakat.

“Selama ini kita melihat banyak berita-berita miring atau salah kaprah pemuda-pemuda kita dalam menghadapi era digitalisasi. Padahal kalau kita benar-benar menyadari, banyak peluang besar yang dapat kita bangun, makanya kita perlu memberikan sedikit pemahaman,” katanya saat mengunjungi Radar Lampung, Jumat (31/1).

Menurutnya, KNPI Bandarlampung akan intens dalam memberikan pelatihan bagi pemuda. Sebab, pengurus memiliki para anggota yang berkompeten dibidangnya masing-masing. “Bagaimana kedepan KNPI dapat membawa perubahan dan mendorong dalam menciptakan kreasi-kreasi baru,” ujarnya.

Baca :   Sah, Pengurus KNPI Kota Bandarlampung Dilantik

Dalam menciptakan kreasi-kreasi itu, lanjutnya, pihaknya akan bersinergi dengan program-program pemerintah daerah dalam kemajuan bagi Kota Bandarlampung. “Kedepannya, kita akan berkreasi dan bersinergi dengan pemerintah agar terciptanya solusi,” imbuhnya.

Ikbal menyadari perjuangan itu cukup berat. Namun, dengan menjalin sinergisitas antara pemuda, pemerintah daerah dan organisasi kepemudaan yang tersebar di 20 kecamatan, pihaknya yakin Kota Bandarlampung akan menjadi kota percontohan bagi kabupaten/kota lainnya.

Tak hanya itu, pengurusan KNPI Kota Bandarlampung yang baru akan segera dilantik pada Senin (17/2) di Guest House Rimbauan Bandarlampung ini akan memaksimalkan 25 bidang dan segera membentuk KNPI tiap kecamatan dalam memaksimalkan program.

Beberapa bidang yang menjadi keunggulan pengurus yakni, berupa pelatihan informasi dan teknologi, sosial budaya, seni, pemberdayaan & menciptakan kelompok UMKM, serta keperdulian lingkungan. “Melalui dana swadaya anggota dan para donatur, kami berencana akan rutin menyebar kotak-kotak sampah sebagai bentuk literasi keperdulian lingkungan,” bebernya.

Baca :   Buka Rapimda dan Musda KNPI, Bupati Mesuji: Pemuda Agen Perubahan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Menanggapi isu lingkungan, Pemimpin Redaksi Radar Lampung Cetak dan Online Widisandika medukung rencana tersebut. Menurutnya, isu lingkungan menjadi isu global saat ini yang perlu direalisasikan untuk terciptanya kenyamanan disuatu daerah.

“Lebih bagus kita membuat program penghijauan, karena kota-kota besar saat ini tengah fokus menciptakan green city. Kota yang tidak melupakan ruang-ruang hijau. Kita pun dapat mengadvokasi pemkot untuk membuka RTH-RTH baru,” ucapnya.

Hal itu, dapat mendobrak kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah. Kedepan kota yang baik itu berkonsep green city. Kota yang penuh dengan gedung-gedung akhirnya akan tumbang, bila tak memberikan ruang-ruang terbuka hijau dengan memperbanyak taman-taman kota.

Adapun pengurus KNPI Bandarlampung yang turut berkunjung pada kesempatan kali ini mendampingi Iqbal Ardiyansyah, yakni Een Riyansyah, Agus Supiyanto, Eka Setiawan, Erlan Heryanto, Fitra Abung Mukmin, Randy Yuki Pratama, Armansyah, Agung Widodo dan Irwansyah Agung. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi