oleh

Tahanan Polsek TkB Kabur Berjamaah, Dua Dihadiahi Timah Panas

RADARLAMPUNG.CO.ID – Polresta Bandarlampung berhasil mengamankan
tujuh tahanan yang mencoba kabur dari ruang sel Polsek Tanjungkarang Barat (TkB), pada Sabtu (1/2) pagi tadi.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menjelaskan kronologis kejadiannya bahwa, kejadian tersebut berawal saat Kepala SPK Polsek TkB Aiptu Akip beserta dua orang penjaga melaksanakan pemeriksaan dan kontrol tahanan.

“Serta mengecek jumlah tahanan dalam kondisi lengkap sebanyak 10 orang, membersihkan ruang tahanan dan memberi makanan tahanan,” ujar Pandra -sapaan akrabnya- kepada radarlampung.co.id.

Lalu kemudian, pada saat Kepala SPK Aiptu M. Akip memberikan makanan melalui celah jeruji dan bersamaan meminta tahanan untuk mengeluarkan sampah dari dalam ruangan tahanan.

Namun dikarenakan sampah tersebut tidak muat dikeluarkan melalui jeruji besi, lalu Kepala SPK Aiptu Akip membuka pintu sel dengan maksud mengeluarkan sampah dan saat pintu sel akan ditutup kembali, tahanan berinisial H mendobrak pintu sel dengan cara menendang dan seketika langsung keluar sel. “Diikuti oleh tiga orang rekannya yakni W, MM, dan IK yang saat itu langsung melakukan pengeroyokan terhadap Aiptu Akip dan rekannya Bripka Bambang,” jelasnya.

Baca :   Satu Tahanan Kabur Tewas Setelah Dihadiahi Timah Panas

“Melihat situasi itu, tiga orang tahanan lainnya yakni VP, RA, dan AJ langsung keluar ruang tahanan dan melarikan diri beserta empat tahanan yang sebelumnya mengeroyok anggota langsung turut melarikan diri,” sambungnya.

Lalu pengejaran dilakukan oleh anggota Polsek terhadap tahanan yang melarikan diri. Saat itu Aiptu Akip mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak tiga kali ke udara untuk memerintahkan tahanan untuk tidak melarikan diri.

Baca :   Satu Tahanan Kabur Tewas Setelah Dihadiahi Timah Panas

“Tembakan peringatan tidak diindahkan, kemudian Aiptu M. Akip mengarahkan senjata ke arah para tahanan yang melarikan diri dan melepaskan tembakan sebanyak dua kali dengan jarak 200 meter dan mengenai dua orang tahanan,” bebernya.

Mendengar adanya suara tembakan, akhirnya masyarakat sekitar membantu anggota polsek untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap para tahanan yang melarikan diri.

“Akhirnya enam orang berhasil diamankan kembali dengan berinisial MM harus ditindak tegas dan AJ dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. Sedangkan, H, RA, WS, VP dan IK sudah diamankan dan dibawa ke Polsek TkB,” pungkasnya. (ang/wdi)

Komentar

Rekomendasi