oleh

Horee..Pemprov Beri Rp250 Juta untuk 19 Desa

radarlampung.co.id – Sebanyak Rp250 juta akan diberikan Pemprov Lampung kepada 19 Desa Tertinggal yang ada di seluruh Wilayah Provinsi Lampung.

Plt Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Lampung, Sifa Aini mengatakan, Pemprov Lampung, mulai menerapkan program desa berjaya yang juga upaya Pemprov dibawah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam menghapus desa-desa sangat tertinggal di Provinsi Lampung.

“Kalau dari Indeks desa membangun di provinsi Lampung, ada 19  desa sangat tertinggal. Untuk mengurangi jumlah itu kami akan melakukan kegiatan desa berjaya. Satu desa akan diberikan dana Rp250 juta,” ungkap Sifa, Senin (3/2).

Menurutnya, dana Rp250 juta tersebut untuk meningkatkan fasilitas di desanya  masing-masing, sesuai dengan kebutuhan infrastruktur didesa tersebut. “Untuk pelaksanannya kebanyakan terkait pembangunan sarana serta prasarana,” katanya.

Untuk diketahui, Dari data yang berhasil radarlampung.co.id terima, dari total 2435 desa di Provinsi Lampung, hanya enam desa yang masuk kategori desa mandiri; 232 desa maju, 1674 desa berkembang; 504 desa tertinggal; dan 19 desa sangat tertinggal. Ke 19 desa sangat tertinggal ini tersebar di lima kabupaten.

Pertama di Tulangbawang ada tiga desa di Desa Mesir Dwi Jaya, Gedung Aji Baru; desa Bakung Udik, Gedung Meneng; dan desa Karya Cipta Abadi, Rawajitu Selatan. Kemudian di Tanggamus ada empat desa mulai desa Banjar Negeri, Cukuh Balak; desa Sawang Balak, Cukuh Balak; desa Betung, Pematang Sawa; dan desa Karang Brak, Pematang Sawa.

Selanjutnya Waykanan ada enam desa. Mulai desa Negeri Batin, Blambangan Umpu; desa Segala Mider, Blambangan Umpu; desa Tanjung Raja Giham, Blambangan Umpu; desa Tanjung Raja Sakti, Blambangan Umpu; desa Karta Jaya, Negara Batin; desa Karang Agung, Pakuon Ratu. Kemudian di Mesuji ada tiga desa. Pertama desa Tanjung harapan, Tanjung Raya; desa Sri Tanjung, Tanjung Raya; desa Sidang Muara Jaya, Rawa Jitu Utara. Terakhir Pesisir Barat ada tiga desa. Pertama desa Siring Gading, Bengkunat; desa Kota Baru, Ngaras; dan desa Rajabasa, Ngaras. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi