oleh

FPPTMA Dukung Peningkatan Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah

radarlampung.co.id – Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (FPPTMA) mendorong seluruh perpustakaan di bawah naungan FPPTMA untuk meningkatkan kualitas perpustakaan, dan meraih akreditasi untuk perpustakaan.

Ketua FPPTMA Lasa mengatakan, perkembangan perpustakaan yang cepat didukung oleh lima faktor. Yaitu, didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni, dan kompeten yang memiliki kemampuan untuk mengelola perpustakaan. Lalu, dukungan yang penuh dari lembaga induk melalui kinerja dari para tenaga yang mengelola perpustakaan. Kemudian, menurutnya, yang ketiga anggaran untuk mengembangkan perpustakaan.

“Lalu kemampuan IT, dan yang terakhir bersinergi. Saya berpendapat, keberhasilan letaknya pada kerja sama,” jelasnya pada kegiatan Seminar Nasional Perpustakaan, Rakornas, dan Pelantikan FPPTMA di Grand Anugerah Bandarlampung, Selasa (4/2).

Sementara, Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Muttaqin,Ph.D., mengapresiasi atas komitmen perguruan tinggi Muhammadiyah di Lampung yang akan terus meningkatkan perpustakaannya. Menurutnya, untuk mengikuti perkembangan zaman, dengan menuju e-library, perguruan tinggi Muhammadiyah harus menyiapkan SDM yang mumpuni, SDM yang melek IT, dan SDM yang paham akan tren perkembangan perpustakaan ke depan.

“Juga SDM yang betul-betul bisa mengawal perpustakaan menjadi pusat informasi dan sumber pengetahuan,” katanya.

Menurutnya, untuk mengubah konsep perpustakaan mengikuti era, paling tidak mindset pengelolanya harus berubah. Perpustakaan bukan hanya untuk menyimpan buku tapi sebagai pusat pembelajaran.

“Buku dan jurnal sudah dalam bentuk e-book, artinya tidak butuh ruang yang besar, tetapi akses internet yang kuat. Supaya cepat untuk bisa mengakses ke sumber-sumber database pengetahuan yang berkualitas,” terangnya. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi