oleh

53 Desa di Lamtim Segera Cairkan DD Tahap I

radarlampung.co.id – Sebanyak 53 dari 264 desa di Lampung Timur segera menerima dana desa (DD) tahap satu tahun ini. Desa-desa yang mendapat program percepatan penyaluran dana tersebut tersebar pada 22 kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, sesuai instruksi Presiden Republik Indoesia Joko Widodo, penyaluran DD tahun 2020 sudah dapat dilaksanakan mulai Januari.

Paling, tidak 10 persen dari total desa yang ada di Lamtim sudah dapat mencairkan dana tersebut. Karena di kabupaten ini terdapat 264 desa, maka ada sekitar 30 desa yang bisa melakukan pencairan lebih awal.

Baca :   Dana Desa Fokus Wujudkan Pekon Mandiri

Namun untuk dapat mencairkan program percepatan DD tahap 1, harus memenuhi persyaratan. Antara lain pekerjaan fisik yang menggunakan DD tahun 2019 sudah selesai 100 persen. Kemudian, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 sudah disahkan.

“Dari hasil verifikasi, ada 53 desa atau lebih dari 10 persen yang memenuhi syarat untuk mencairkan DD tahap 1 lebih awal. Sementara, desa lainnya masih menunggu kelengkapan persyaratannya,” terang Yudi Irawan didampingi Sekretaris DPMD Beni Hutasara, Selasa (4/2).

Baca :   Jangan Sampai Salah Kelola DD dan ADP!

Diketahui, tahun ini dana desa untuk Lampung Timur meningkat Rp11 miliar. Yudi Irawan menjelaskan, pada 2019 lalu, DD untuk 264 desa sebesar Rp270 miliar. Sedangkan tahun ini alokasi DD menjadi Rp281 miliar. (wid/ais)

Komentar

Rekomendasi