oleh

Mantap, 17 Perpustakaan di Lampung Terdaftar OneSearch

radarlampung.co.id – Indonesia OneSearch mencatat, sebanyak 17 perpustakaan yang ada di Lampung bergabung dalam situs pencarian seluruh perpustakaan di Indonesia tersebut.

Ismail Fahmi konsultan Perpusnas RI sekaligus Inisiator Indonesia OneSearch mengatakan, sebanyak 17 perpustakaan yang ada di Lampung menjadi mitra Indonesia OneSearch.

“Perpustakaan di Lampung yang tergabung itu, terdiri daru 14 perguruan tinggi, 1 sekolah dan 2 perpustakaan publik,” ujarnya, usai mengisi Seminar Nasional Perpustakaan dengan tema “Peran Perpustakaan dalam Mencerdaskan Bangsa dan Mencerahkan Semesta”, di Ballroom Grand Anugrah Hotel, Rabu (5/1).

Baca :   Registrasi Akun LTMPT Tahap 2 hingga 5 April

Fahmi menjelaskan, Indonesia OneSearch merupakan sistem pencarian report story, database, maupun koleksi elektronik yang ada di seluruh perpustakaan di Indonesia. OneSearch memudahkan untuk menggabungkan seluruh pengetahuan yang ada di perpustakaan.

“Seperti peguruan tinggi ada katalog buku, dan juga jurnal perguruan tinggi. Kita cukup mencarinya di OneSearch nanti akan keluar koleksi yang dicari. Misalkan bukunya ada perpustakaan terdekat, kita tinggal datang. Kalau ada perpustakaan yang lain, nanti akan dibawa ke katalog perpus tersebut, dan akan ada juga nomor pustakawannya,” jelasnya.

Baca :   UIN Raden Intan Tingkatkan Sinergitas untuk Raih Akreditasi

Menurutnya, untuk meningkatkan budaya baca generasi milenial di perpustakaan, perpustakaan seharusnya dibuat sebuah tempat yang nyaman untuk para pengunjungnya.

“Saya rasa tidak harus tempat yang besar, tetapi sebuah tempat yang nyaman. Misalkan, di perpustakaan daerah, bagaimana upaya perpustakaan daerah itu untuk menarik para pengunjung datang dan membaca di perpustakaan. Program-porgram masuk sekolah dan lainnya. Harus ada inovasi yang dibuat,” pungkasnya. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi