oleh

Serahkan 1.130 Sertifikat Tanah di Pagelaran Utara

radarlampung.co.id – Pekon Margosari, Kecamatan Pagelaran Utara merupakan wilayah paling banyak di Pringsewu yang menerima program redistribusi tanah tahun 2019. Ini disampaikan anggota DPR Fraksi PDIP Endro S. Yahman saat penyerahan 1.130 sertifikat hak atas tanah program redistribusi, Rabu (5/2).

Menurut Endro, hal yang perlu diperjelas adalah biaya Rp200 ribu untuk kelompok masyarakat (Pokmas) sesuai surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan program redistribusi tanah.

“Untuk ke BPN, itu gratis. Dibiayai oleh negera. Tetapi yang terjadi di lapangan, berbeda. Karena di SKB tidak melihat asal usul tanah. Harus dibuat surat pernyataan,” kata Endro.

Baca :   Serahkan Sertifikat Tanah untuk Warga Podosari

Sementara Kepala BPN Pringsewu Joni Imron mengatakan, kabupaten itu mendapatkan kuota 15.500 bidang pada 2019. Terbagi 13.000 PTSL dan 2.500 program redistribusi tanah.

“PTSL dan program redistribusi tanah sama-sama dibiayai oleh negara. Jadi, sertifikat yang sudah diberikan ke masyarakat sekitar 9.000 bidang. Terbagi redistribusi tanah sebanyak 1.130 dan sisa kurang lebih 7.500 PTSL,” urainya.

Baca :   Serahkan Sertifikat Tanah untuk Warga Podosari

Joni menyatakan sudah mengimbau kepada masyarakat, pungut secara legal sesuai SKB tiga menteri. Yakni Rp200 ribu untuk Pokmas. ”Apabila surat-surat tanah sudah lengkap, sesuai SKB, di Lampung Rp200 ribu,” tegasnya. (mul/sag/ais)

 

Komentar

Rekomendasi