oleh

Tahun Politik, Disdukcapil Bakal Cetak Ratusan Ribu e-KTP

radarlampung.co.id – Tahun 2020, merupakan tahun pemilihan kepala daerah. Di Propinsi Lampung, ada delapan Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemikukada. Diantaranya Bandarlampung, Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Tengah, Metro, Waykanan, Pesisir Barat, Lampung Timur.

Pada tahun 2020 ini pula, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan mencetak 100 ribu blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Pengalokasian ini, setelah Pemkot menggelontorkan dana hibah sebesar Rp1,2 miliar dari APBD 2020.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdikcapil) Kota Bandarlampung, A. Zainudin mengatakan, Pemkot Bandarlampung sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

“Adanya naskah perjanjian kerja sama dari pihak dirjen Dukcapil, ini merupakan kejadian pertama di Indonesia. Dalam perjanjian itu, kini Pemkot Bandarlampung bisa mencetak E-KTP secara mandiri,” ungkap Zainudin, Jumat (7/2).

Menurutnya, usulan mencetak blanko E-KTP ini, setelah Kemendagri mengeluarkan peraturan permendagri No: 99/2019. Hal ini menjadi dasar untuk pelaksanaan hibah. Dimana, pencetakan blangko e-KTP ditargetkan sudah dapat dicetak bulan Maret mendatang.

Adapun, penandatanganan MoU dilakukan Sekretaris Dirjen Disdukcapil Bapak Gede Surata, pada Rabu (5/2) disaksikan pula perwakilan Pemkot Bandarlampung Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung Willson Faisol, Kepala Disdukcapil A. Zainudin dan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Sukarma Wijaya. (Apr/yud)

Komentar

Rekomendasi