oleh

Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu di Waykanan

radarlampung.co.id – Salah satu permasalahan mendasar dalam penyelenggaraan Posyandu adalah kurangnya pengetahuan kader. Baik dari sisi akademis maupun teknis. Sementara mereka merupakan ujung tombak pelaksanaan kegiatan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua TP PKK Waykanan Hj. Thurismawaty saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas kader posyandu di SMK Nusantara Persada, Kampung Pisang Baru, Kecamatan Bumiagung, Jumat (7/2).

“Keberadaan kader menjadi hal yang sangat penting dan strategis ketika pelayanan yang diberikan ke masyarakat dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan derajat kesehatan. Karena itu, pelatihan peningkatan kapasitas kader Posyandu itu sangat bermanfaat. Pada akhirnya diharapkan membuat masyarakat kita selalu berperilaku hidup sehat,” kata Thurismawaty.

Baca :   Dampingi Peternak Agar Hewan Layak Konsumsi

Menurut Thurismawaty, Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat. Tujuannya memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

“Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat, tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya. Dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan posyandu terus diupayakan. Berbagai kebijakan telah dibuat. Kegiatan dan program dilaksanakan agar posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat,” tegasnya. (sah/ais)

Komentar

Rekomendasi