oleh

Waspada, Kasus DBD di Tanggamus Bisa Meningkat!

radarlampung.co.id – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Tanggamus cukup tinggi. Sejak awal tahun hingga 7 Februari, tercatat ada 46 kasus.

Kabid Pencegahan Penyakit Dirhamsyah Riva’i mengatakan, angka tersebut masuk katagori permulaan. Sebab bisa saja kasus bertambah pada bulan berikutnya. Terlebih intensitas hujan masih tinggi.

“Ini masih permulaan. Karena nanti akan ada puncak kasus. Kalau saat ini karena masih hujan terus. Tapi nanti ada hujan dan panas. Justru saat itu perkembangan nyamuk aedes aegypti meningkat,” kata Dirhamsyah mewakili Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat, Jumat (7/2).

Ia merinci, dari 46 kasus DBD tersebut, tertinggi ada di wilayah Puskesmas Pulau Panggung dengan 11 kasus. Lalu Puskesmas Rantau Tijang delapan kasus dan Puskesmas Talang Padang enam kasus.

Selebihnya di Puskesmas Margoyoso empat kasus dan Gisting lima kasus, Puskesmas Kedaloman, Sudimoro serta Kotaagung masing-masing tiga kasus, dan Puskesmas Sanggi dua kasus.

”Untuk awalan ini, yang paling tinggi terjadi di Pulau Panggung 11 kasus,” ujarnya.

Dirhamsyah mengungkapkan, Sekretaris Kabupaten Hamid Heriansyah Lubis sudah membuat surat edaran ke seluruh kecamatan dan instansi terkait waspada DBD. Kemudian melakukan tindakan pencegahan bersama-sama.

“Surat edaran sudah diberikan ke seluruh kecamatan. Kami juga sudah imbau agar semua pihak rutin melakukan pemberantasan jentik nyamuk. Sebab hanya itu cara yang efektif untuk mengurangi timbulnya kasus DBD,” tegasnya. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi