oleh

Bus Sekolah Ketiga Layani Rute Pugung-Bulok

radarlampung.co.id – Bus sekolah yang didapatkan Pemkab Tanggamus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhir tahun 2019 lalu, ditempatkan di Kecamatan Pugung. Bus tersebut untuk melayani pelajar dengan rute Pugung-Bulok.

Menurut Kepala Bidang Angkutan Darat dan Laut Amin, penempatan di jalur tersebut karena selama ini belum ada layanan bus sekolah. “Bus sekolah tersebut ditempatkan di jalur Pugung dengan rute Rantau Tijang-Pekon Babakan, Kecamatan Bulok. Start dari pukul 06.30 WIB di halte Rantau Tijang,” kata Amin mewakili Kepala Dishub Razi Azanisyah, Minggu (9/2).

Bus yang mulai beroperasi sejak Rabu (5/2) lalu, mendapat respon positif dari masyarakat. “Sebelum bus beroperasi, kami juga sosialisasi ke sekolah-sekolah yang rutenya dilalui oleh kendaraan itu. Saat mulai beroperasi, sudah ramai anak sekolah yang naik,” ujarnya.

Baca :   Tingkatkan Wawasan, Santri SDIT Smart Qur'ani Kunjungi Perpusda

Kendaraan ini berjenis mikro bus. Didalamnya bisa mengangkut 25 penumpang. Ada kursi dan tempat untuk berdiri serta dilengkapi dengan AC.  ”Kalau daya tampung untuk orang dewasa memang 25 orang. Tapi berhubung ini anak-anak, jadi bisa sekitar 35 orang. Bus ini melayani pergi-pulang,” sebut dia.

Amin mengungkapkan, bus ini digratiskan bagi siswa. Gaji sopir dan bahan bakar kendaraan sudah ditanggung oleh Dishub. “Sementara, bus berada di Kecamatan Talangpadang. Tapi ada wacana pihak Kecamatan Pugung akan membangun garasi agar bus bisa berada di sana,” kata dia.

Baca :   Polsek Kalirejo Bina Siswa Kedapatan Bawa Rokok

Saat ini, Dishub Tanggamus memiliki tiga unit bus sekolah. Melayani jalur Kotaagung-Semaka, Talangpadang-Sumberrejo-Pulau Panggung dan terbaru Pugung-Bulok.

Pada bagian lain, Camat Pugung Hardasyah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Dewi Handajani dan Wakil Bupati AM. Syafi’i atas penempatan bus sekolah tersebut. Menurut dia, ini merupakan wujud dari 55 Aksi Asik. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi