oleh

Dari Semaka, Gajah Menuju Bandarnegeri Semuong

radarlampung.co.id – Kawanan gajah beralih ke Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Tanggamus. Sebelumnya, belasan hewan berbelalai ini berada di Kecamatan Semaka dan merusak tanaman di perkebunan warga

Kapolsek Semaka Iptu Heri Yulianto mengatakan, berdasar informasi yang diterima, sekitar pukul 12.00 WIB, Senin (10/2), kawanan  gajah terlihat di kawasan Blok 3, Pekon Gunungdoh, Bandarnegeri Semuong.

“Informasi terakhir, sekitar pukul 12.00 WIB, gajah-gajah itu masih di seputaran blok 3, tepatnya di Talangrasuk dan Talangsarwan,” kata Heri.

Ia menjelaskan, sebelumnya sekitar 12 ekor gajah turun dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) ke hutan marga di Pekon Tulungasahan, Kecamatan Semaka. Hewan-hewan ini merusak kebun dan tanaman warga.

Selain itu, kawanan gajah juga melukai anggota satuan tugas (Satgas) Penanggulangan Konflik Satwa. Ini terjadi ketika tim berusaha menggiring gajah ke habitatnya. Lantas gajah berbalik dan menghantam seorang petugas.

“Satgas sudah berupaya menggiring kawanan gajah masuk ke kawasan TNBBS, Jumat (7/2) lalu. Namun saat proses penggiringan, ada warga dari atas yang turun bawa kayu bakar. Mungkin gajahnya marah dan berbalik, lalu menerobos satgas,” ujarnya. (uji/ehl/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi