oleh

Kursi Luber, Tak Jamin Adipati dapat Rekom

radarlampung.co.id – Sebanyak 40 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah mendaftarkan diri di Partai Demokrat Lampung. Saat ini masing-masing DPC masih melakukan verifikasi berkas balon dan dijadwalkan diserahkan ke DPD pada 20-21 Februari 2020.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung, Imer Daerius mengatakan, jadwal selanjutnya setelah verifikasi dalah penyampaian visi dan misi balon di masing-masing DPC. “Kalau surveinya, nanti aka kita siapkan lembaga survei yang sudah kerja sama dengan DPP. Rencana jadwalnya itu, pada 1-15 Maret,” ucapnya, Selasa (11/2).

Selain melakukan penjaringan, dia juga mengaku pihaknya juga melakukan penilaian ekstra terhadap petahana yang ada di Lampung. Sedikitnya ada empat kandidat  balon dari Demokrat. Yakni, Zaiful Bokhari (Bupati Lampun Timur), Raden Adipati Surya (Bupati Waykanan), M. Yusuf Kohar (Wakil Wali kota Bandarlampung), dan Djohan (Wakil Wali kota Metro).

Dari ke empatnya, yang memiliki peluang besar adalah Raden Adipati Suya. Di mana, selain memiliki kursi lebih, di daerah itu juga minim pendaftar.  Kendati demikian, pihaknya memberikan porsi yang sama antara kader internal dan eksternal. Di mana,  setelah dilakukan survei para balon,  akan dilakukan rapat antara seluruh DPC dengan DPD. Untuk kemudian hasil tersebut diteruskan ke DPP.

“Tentu ada penilaian khusus bagi kader partai, tapi keputusan akhir siapa yang akan diusung tentu berdasarkan dasar penilaian yg objektif dan rasional. Artinya bahwa kader harus bisa meyakinkan partai bahwa dia mampu untuk menang,” kata dia.

Sementara, untuk di Bandarlampung hanya ada tiga pendaftar saja. Yakni, Eva Dwiana, Ricko Menoza dan M. Yusuf Kohar.

Dengan hanya tiga pendaftar saja,  Ketua DPC Partai Demokrat Banrarlampung Budiman AS mengatakan hal tersebut bukanlah persoalan. Sebab,  Demokrat juga ingin melihat keseriusan para balon. Di mana,  semua pendaftar yang ada saat ini dianggapnya adalah sosok-sosok yang serius ingin membangun Bandarlampung bersama ke depannya.

“Saya kira tidak ada masalah. Kalau ditanya apakah DPD membuka penjaringan juga ya saya belum ada pemberitahuan. Ya bisa saja itu, ” kata dia.

Diketahui,  pendaftaran Penjaringan Bakal Calon (Balon) kepala daerah wakil kepala daerah melalui partai Demokrat dimulai. Jadwal lengkapnya 22 Januari-1 Februari 2020. (abd/ang)

Komentar

Rekomendasi