oleh

Bela Diri Dominasi Hasil Talent Scouting

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pasca talent scouting terhadap 1.568 atlet dari 49 cabang olahraga (cabor), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung mengembalikan atlet berusia 11-17 tahun ke masing-masing cabor.

Menurut Waketum II KONI Lampung Frans Nurseto, hasil dari 49 cabang olahraga didapati banyak atlet bertalenta. “Mereka kita data dan peringkat. Dari sana baru kita lihat juga perkembangan cabornya,” jelas Frans.

Dari 1.568 atlet, yang paling mendominasi mayoritas berasal dari cabor kategori bela diri. “Karate paling banyak, pesertanya ada 200an anak. Banyak juga yang bertalenta. Tarung derajat juga banyak. Kami lebih fokus bela diri karena kekuatan ada di situ,” jelasnya.

Nantinya atlet bertalenta ini dibina oleh cabor masing-masing yang bekerja sama dengan KONI. Meliputi analisa sport science hingga pendanaan. “Kita bantu uang pembinaan cabor masing-masing yang membina dan kita bantu analisa kita kerja sama dengan cabor,” jelas Frans.

Sementara untuk anak-anak usia 11 tahun ke bawah, pembinaan diserahkan ke guru masing-masing.

“Nanti kalau sudah cukup umur kita tes, kita arahkan dia cocok ke mana,” sambungnya. Menurut Frans, para atlet muda ini disiapkan untuk even PON 2024 dan 2028.

“Kita persiapkan mereka dari sekarang,” tandasnya. (nca/sur)

Komentar

Rekomendasi