oleh

Pusling Q Sehat, Majril: Seluruh Masyarakat Harus Terlayani

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menghimbau seluruh puskesmas di daerah setempat untuk dapat memaksimalkan fungsi Puskesmas Keliling (Pusling) di wilayah kerjanya masing-masing. Selain sebagai upaya memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Program Pusling yang pada tahun 2020 ini diberi nama Pusling Q Sehat tersebut bertujuan untuk menjangkau wilayah yang jauh dari fasilitas kesehatan.

Kepala Diskes Tubaba, Majril, S.Kep, Ns. MM mengatakan, untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, seluruh tenaga kesehatan melalui pusling harus rutin melakukan pemantauan kesehatan masyarakat di daerah setempat. Hal ini adalah salah satu cara yang dinilai sangat efektif untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.

“Saya mau teman-teman di puskesmas bekerja tidak hanya didalam gedung menunggu masyarakat datang, tapi harus keluar turun ke bawah memantau kondisi masyarakat sekaligus memberikan pelayanan kesehatan yang prima. Apalagi bagi masyarakat yang memang jauh dari fasilitas kesehatan, tentu kehadiran Pusling berikut tenaga kesehatannya sangat dinantikan dan akan sangat membantu,”ungkapnya saat berbincang-bincang dengan Radar di Taman Budaya Ulluan Nughik, Rabu (12/2/2020) sore.

Melalui pusling tersebut, tenaga kesehatan dan kader kesehatan di setiap puskesmas akan memberikan pelayanan, mulai dari pemeriksaan dan pengobatan, hingga memberikan rujukan ke fasilitas kesehatan (faskes) di tingkat selanjutnya.”Artinya, ketika setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pasien ternyata perlu perawatan, maka dapat langsung dirujuk untuk mendapatkan pelayanan rawat inap, dan begitu seterusnya rujukan secara berjenjang diberlakukan,”terangnya.

Terkait waktu pelayanan Pusling Q Sehat, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing puskesmas. Namun dalam hal ini, Majril menegaskan pusling harus rutin dilaksanakan.”Silahkan teman-teman di puskesmas yang menjadwalkannya, yang penting rutin dan konsisten. Saya tidak mau ada masyarakat yang tidak terlayani, dan perlu saya tegaskan bahwa pelayanan kesehatan Pusling Q Sehat tidak dipungut biaya (gratis),”pungkasnya. (fei/rnn/ang)

 

 

Komentar

Rekomendasi