oleh

Awasi Program Sembako 2020 Dengan 6T

radarlampung.co.id – Dinas Sosial Pesawaran bersama pihak terkait akan mengawasi penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) melalui sistem 6T (tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat administrasi dan tepat kualitas),

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Pesawaran Yulizar saat rapat koordinasi bantuan sosial pangan program sembako 2020 di aula Rumah Makan Enam Saudara, Kamis (13/2). ”Rakor ini untuk mengkoordinasikan seluruh program sampai ke proses pelaksanann nanti. Sehingga hambatan yang ada pada tahun 2019 tidak terulang lagi,” kata Yulizar.

Rakor juga bertujuan mengkoordinasikan seluruh persiapan program sembako 2020. Dalam hal proses pelaksanaan program, Dinas Sosial Pesawaran akan bekerja sama dengan Bank Mandiri, Polres Pesawaran selaku pengawas, Bulog selaku penyedia dan penyalur, pengawas TKK dan TKSK dan pendamping PKH serta perwakilan pegangan Orari.

“Diharapkan program ini bisa berjalan sesuai dengan pedoman umum yang dikelola oleh Kementrian. Untuk itu kita mengkoordinasikan program dengan tim koordinasi selaku pengawas proses pelaksanaan seluruh bantuan,” tegasnya.

Dilanjutkan, adanya penambahan komponen pelengkap seperti sayur mayur, ikan, ayam, kacang-kacangan dilakukan guna meningkatkan gizi masyarakat dan mengatasi stunting di setiap daerah. Jika sebelumnya program BPNT sebesar Rp110.000, kini menjadi 150.000. Ada tambahan sebesar Rp40.000 untuk komponen pelengkap bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

”Sasaran program sembako 2020 meliputi 11 kecamatan dengan total 40.577 penerima manfaat. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran sesuai dengan apa yang diinginkan pemerintah,” tandasnya.

Sementara Kabid Komersil Bulog Wilayah Lampung Musasdin Sahid mengatakan, pelaksanaan program sembako 2020 segera dilakukan minggu ini. Ini dikoordinasikan dengan suplier dalam pendistribusiannya. Selain itu ada juga pergantian komoditi tiap tiga bulan sekali untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi