oleh

Baru Awal Tahun, 144 Warga Metro Suspect DBD

Besok Pemkot Metro Gelar Kerja Bakti Masal Guna Antisipasi DBD

RADARLAMPUNG.CO.ID – Memasuki pertengahan Februari, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mencatat 144 kasus suspek Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bumi Sai Wawai kurun waktu 2020 ini.

Untuk itu Pemkot Metro akan melakukan upaya menggelar kerja bakti masal bersama masyarakat, Jumat (14/2) besok. Ini dilakukan guna pencegahan DBD melalui upaya 4M plus.

“Ya, besok (Jumat, red) kita akan lakukan upaya antisipasi DBD dengan kerja bakti melakukan 4 M Plus, yaitu menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air secara rutin, mengubur tempat penampungan air yang tidak terpakai, dan memantau jentik nyamuk seminggu sekali,” ujarnya.

Baca :   Warga Blambangan Umpu Minta Pemkab Setempat Gerak Cepat Cegah DBD

Berdasarkan laporan yang diterimanya, ada 144 suspek DBD, sebanyak 85 di antaranya positif DBD. “Ya yang positif ada 85 warga Metro dari 144 kasus, sisanya suspek dan satu orang meninggal dunia,” ungkapnya.

Terkait apakah jumlah tersebut termasuk KLB (Kejadian Luar Biasa), Pairin mengaku belum dapat memastikan. “Karena itu kan ada di dinas terkait, yang jelas saya imbau untuk terus menjaga lingkungan sekitar,” ajaknya.

Baca :   Pairin Ingatkan Masyarakat Pentingnya Sensus Penduduk

Langkah lain juga dilakukan dengan menempatkan satu rumah warga dengan satu kader juru pemantau jentik (Jumantik). Jumantik tersebut akan bertugas untuk memantau perkembangan nyamuk di setiap rumah warga.

“Ini musim penghujan, jadi kita semua harus waspada dan berhati-hati. Karena kalau sudah terserang DBD ini pilihannya hanya dua, kalau tidak sembuh ya meninggal dunia. Jadi kita harus waspada, jangan sampai ada korban jiwa lagi,” pungkasnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi