oleh

KPU Pesawaran Jamin Rekrutmen PPK Transparan

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran menjamin perekrutan panitia adhoc pilkada 23 September mendatang tidak ada rekomendasi dan titipan dari pihak manapun untuk meloloskan calon panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Ketua KPU Pesawaran Yatin P. Sugino mengatakan, mekanisme perekrutan setiap calon PPK telah melalui serangkaian tes. Mulai dari administrasi, tes tertulis dengan sistem computer assisted test (CAT) hingga tes wawancara. Ini dilakukan secara transparan.

”Apalagi nanti pada 15-21 Februari, akan kita umumkan peringkat 10 besar hasil tes wawancara untuk mendapatkan tanggapan masyarakat. Jadi kalau memang ada indikasi-indikasi ke arah sana dan tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, maka masyarakat dapat segera menyampaikannya secara tertulis kepada KPU,” kata Yatin, Kamis (13/2).

Bahkan, terus Yatin, untuk mendukung proses perekrutan tersebut, ia juga menjamin kerahasiaan identitas masyarakat yang berani melaporkan dugaan yang menyalahi aturan. ”Tapi dengan catatan, laporan tersebut harus secara tertulis dan meninggalkan identitas. Minimal KTP. Jadi dasar kita jelas. Tidak sekadar katannya-katanya saja,” tegasnya.

Jika nantinya dalam proses tanggapan masyarakat dan klarifikasi terdapat calon PPK yang terbukti menyalahi aturan, maka dipastikan tidak akan lolos. “Jadi, meskipun ia mendapatkan nilai tertinggi dalam lima besar, namun terbukti menyalahi aturan, maka akan kami ganti dengan calon yang mendapatkan peringkat enam ke bawah,” ucapnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi