oleh

Besok, WNI Asal Hubei Kembali ke Lampung

radarlampung.co.id – Sesuai jadwal yang diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, sebanyak 285 Warga Negara Indonesia (WNI) asal Provinsi Hubei, Tiongkok bakal dipersilahkan kembali ke keluarga didaerah masing-masing. Satu WNI tercatat asal Provinsi Lampung juga masuk dalam rombongan tersebut.

Menanggapi hal ini, Lisna Kepala seksi promosi kesehatan dan pelayanan masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengaku tidak ada perlakuan khusus pada satu WNI tersebut yang akan menimbulkan stigma negatif di masyarakat.

“Jadi kami tidak ada seremonial khusus, kami juga tetap merahasiakan WNI yang ada di Natuna itu. Untuk masyarakat Lampung jangan khawatir. Karena seluruh WNI yang ada di Natuna, Kepulauan Riau saat ini telah dinyatakan sehat,” beber Lisna melalui ponselnya Jumat (14/2).

Baca :   Serentak, Seluruh Kecamatan di Lambar Disemprot Disinfektan  

Dinkes Provinsi Lampung pun tidak akan mengekspos kapan WNI tersebut sampai di Lampung dan tetap menjaga privasi agar keluarga serta kerabat terdekat WNI tidak merasa terganggu. Meskipun telah dinyatakan sehat, demi memantapkan kondisi WNI, Dinkes juga tetap melakukan pemantauan selama 14 hari kedepan.

”Memang kami tetap melakukan pemantauan 14 hari kedepan, kami akan melakukan observasi melalui tim surveilans. Tapi masyarakat Lampung harus tahu sampai saat ini telah dinyatakan sehat. Pemantauan kami lakukan hanya sebagai tambahan agar lebih mantap. Tapi dari Natuna sudah dijelaskan kalau mereka sehat,” lanjut Lisna.

Untuk diketahui, sebanyak 285 warga negara Indonesia (WNI) yang menjalani observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, akan dikembalikan ke keluarga masing-masing pada Sabtu (15/2) mendatang. Ini setelah mereka menjalani masa observasi selama 14 hari sepulang dari daerah wabah virus corona baru (COVID-19) di Wuhan, Tiongkok.

Baca :   Metro Kekurangan APD

’’Para WNI yang tengah menjalani observasi di Natuna akan kembali ke keluarganya pada Sabtu (15/2). Masa observasinya selama 14 hari usai dievakuasi dari Wuhan sudah selesai,” terang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kamis (13/2).

Ditambahkannya, keluarga atau kerabat bisa menjemput mereka di Natuna. ’’Tetapi, itu terserah keluarga,” katanya.

Terawan juga memastikan hingga saat ini seluruh WNI yang menjalani observasi di Natuna dalam kondisi sehat dan tidak ada yang terserang virus corona. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi