oleh

Dampingi Peternak Agar Hewan Layak Konsumsi

radarlampung.co.id – Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Batuketulis terus mendampingi para peternak. Wilayah tersebut menjadi salah satu sentra perternakan kambing dan sapi di Lambar.

Kepala Puskeswan Batuketulis Izhak Gunawan menjelaskan, berbagai program terus dilakukan untuk mendampingi para peternak. Tujuannya menghasilkan hewan konsumsi yang sehat dan layak sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

”Salah satu program kita adalah pengobatan massal gratis. Kami lakukan ke sejumlah pekon yang menjadi sentra peternakan. Kegiatan pelayanan meliputi penanganan penyakit, pemberian vitamin, pemberian obat cacing dan pemberian vaksin,” kaa Izhak.

Baca :   Canangkan Program Jemputan Pemuda Gema Sehati

Selain kunjungan dan pengobatan, pihaknya juga melakukan pendataan populasi ternak. Sistem kesehatan yang dilakukan ini terintegrasi menjadi kesehatan hewan nasional. Bertujuan mengurangi penularan wabah penyakit. Terutama penyakit hewan strategis yang masih ada di Indonesia seperti rabies, antraks, flu burung, dan sebagainya.

“Untuk awal 2020, belum lama ini kami telah melakukan pengobatan 152 ekor kambing dan dua ekor sapi. Kita akan selalu berupaya melayani peternak. Termasuk para pecinta hewan kesayangan. Kami berharap hewan yang dimiliki lebih sehat sehingga produksi ternak baik dan dapat memenuhi konsumsi masyarakat,” tandasnya. (edi/ais)

Komentar

Rekomendasi