oleh

Usai Garap Sumur Putri, Dispar Bakal Kembangkan Wisata Kuliner dan Replika Kapal De Brow

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pariwisata (Dispar) Bandarlampung berencana mengembangkan wisata kuliner dan replika kapal De Brow sebagai alternatif tempat wisata keluarga di Kota Tapis Berseri.

Kepala Dispar Bandarlampung Muhammad Yudhi mengungkapkan, Pemkot Bandarlampung memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2,3 miliar untuk melengkapi fasilitas di Sumur Putri.

“Jadi secara kegunaan, dana itu telah disesuaikan dengan kebutuhan, akan dibangun beberapa fasilitas umum,” katanya kepada Radar Lampung, Minggu (16/2).

Ia juga menerangkan bahwa terdapat beberapa fasilitas umum pendukung bagi wisatawan yang mengunjungi Sumur Putri. Tempat itu akan dilengkapi fasilitas spot kuliner yang akan diisi oleh UKM di Bandarlampung.

“Fasilitasnya berupa penerangan lampu taman, kios cinderamata, pusat jajanan, ruang ganti atau toilet, tempat ibadah, gazebo, jalan setapak, hingga lahan parkir. Semua sudah terdapat dalam susunan anggaran DAK itu,” jelasnya.

Baca :   Peduli Kesehatan, TP PKK Kota Bandarlampung Bagikan Telur Rebus

Pihaknya kedepan tidak hanya fokus menggarap wisata Sumur Putri saja. Pemkot Bandarlampung berencana mengembangkan wisata kuliner dan mengangkat kapal Debrow sebagai tujuan wisata yang lokasinya tidak jauh dari Sumur Putri.

“Agar masyarakat dan wisatawan yang datang juga tahu, bahwa terdapat sejarah di sana dan itu bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata di Kota Bandarlampung,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Herman HN meninjau wisata Air Terjun Sumur Putri yang terletak di Kelurahan Sumur Putri Kecamatan Telukbetung Selatan, Bandarlampung.

Keberadaan Air Terjun Sumur Putri yang sedang digaungkan Pemkot Bandarlampung akan menjadi destinasi wisata unggulan kota ini.

Baca :   Ternyata, Tiga Bangunan yang Longsor di Ketapang Masuk Zona Merah

Herman HN mengatakan, kini lokasi tersebut sudah mulai dilirik para wisatawan. Sehingga, pihaknya akan menambah fasilitas pendukung lainnya.

“Ini kan bisa menambah PAD juga nantinya. Mangkanya kita rehab sedemikian rupa agar nambah daya tarik wisata kota,” ujarnya.

Dalam upaya merevitalisasi Sumur Putri, Pemkot melakukan pengerukan di bendungan dan sungai di lokasi tersebut dengan menurunkan satu alat berat eksavator dan dan beberapa unit truk.

Selain memperdalam bendungan, pihaknya juga bakal menyediakan fasilitas taman bermain untuk anak-anak sehingga anak-anak bisa bermain juga mandi. “Kalau bendungannya kita perdalam sampai sepuluh meter,” tandasnya. (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi