oleh

Musrenbang Sragi, Nanang Diarak

 

radarlampung.co.id – Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, disambut meriah oleh masyarakat, saat Musrenbang di Desa Kedaung, Kecamatan Sragi, Senin (17/2).

Nanang yang didampingi Plt. TP PKK Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto itu, menaiki Singa Depok dari kesenian Budi Laksana, Desa Kedaung. Pada kesempatan tersebut, Kecamatan Sragi mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp35,9 miliar.

Dalam sambutannya, Nanang berharap, agar Musrenbang tidak hanya dijadikan tahapan proses pembangunan saja, tetapi dijadikan forum untuk menyerap aspirasi masyarakat. “Sehingga apa yang dihasilkan dalam forum ini benar-benar merupakan kumpulan kegiatan yang menjadi acuan dalam penyusunan program kegiatan pembangunan Kabupaten Lamsel,” ungkapnya.

Selain itu, diberikan juga bantuan berupa Alsintan dan bibit tanaman perkebunan berupa 1 unit mesin pompa air bagi poktan sinar baru, 1 unit hand sprayer elektrik bagi poktan tani maju dan 1 paket tanaman perkebunan tembakau bagi poktan sejahtera. Lalu ada juga bantuan 1 unit sepeda motor bagi pengelola imunisasi kesehatan UPT. Puskesmas Sragi dan penyerahan sertifikat strata posyandu terbaik bagi posyandu Nusa Indah I dan posyandu Dahlia I.

Pada Musrenbang juga diwarnai sejumlah bazar. Salah satunya Bazar Himpaudi menyuguhkan segala macam karya guru hingga wali murid PAUD se-Kecamatan Sragi. Diantaranya, tas rajut, karya seni bunga hias, kipas bambu, pensil hias dan dompet.

“Kita juga menyiapkan makanan tambahan untuk anak-anak. Berupa susu kotak, bubur dan telur rebus, secara gratis. Ini tujuannya agar dapat mencegah stunting,” ujar Ketua Himpaudi Kecamatan Sragi, Depli Delsa, di posisi.

Dikatakan Depli, sejumlah karya seni itu dijual dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp15 ribu hingga 50 ribu. “Dijual murah mas, untuk pernak-pernik Musrnebang. Ini asli, karya atau buatan ibu-ibu kreatif dari Kecamatan Sragi,” lanjutnya seraya mempromosikan produk karya seni itu.

Selain bazar, Piano Himpaudi juga menyediakan ratusan buku cerita untuk anak-anak. Ini disiapkan agar anak-anak dapat mengikuti Muarenbang dengan tertib, sembari membaca buku cerita.

“Buku ini dari Dinas Pendidikan Lamsel. Hanya untuk dibaca ditempat, tidak boleh dibawa pulang,” tukasnya.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lamsel, Thomas Amirico mengaku, Bazar yang digelar Himpaudi Kecamatan Sragi bukan merupakan instruksi dinas.

“Bukan, mereka (Himpaudi Kecamatan Sragi,red) inisiatif sendiri. Bagus, kompak mereka. Sinergitas dengan kecamatan juga bagus. Tadi, sempat saya lihat juga,” ujar Thomas. (yud)

Komentar

Rekomendasi