oleh

Cari Bibit Unggul Dalam Kontes Durian

radarlampung.co.id – Upaya menjaring bibit unggul durian lokal dilakukan Dinas Pertanian Pesawaran dengan menggelar kontes durian di Desa Sungailangka, Gedongtataan, Selasa (18/2). Kegiatan bekerjasama dengan PT Great Giant Food ini diikuti sekitar 100 kontestan.

“Kontes durian ini merupakan agenda tahunan Dinas Pertanian bekerja sama dengan PT Great Giant Food Lampung dalam rangka menjaring bibit unggul lokal,” kata Kabid Hortikultura Dimyati saat menyampaikan laporan.

Dimyati menuturkan, kontes ini bertujuan mengajak seluruh elemen masyarakat, instansi pemerintah, dan swasta  bersama-sama melestarikan durian serta menjadikan sebagai buah khas unggul potensial dan bernilai ekonomis tinggi.

“Kemudian mencari potensi durian terbaik untuk dijadikan sumber pohon induk yang diharapkan ke depan menjadi buah unggul Provinsi Lampung,” tandasnya.

Pencarian durian lokal varietas terbaik dengan kriteria rasa daging buah (manis, gurih dan pahit), ketebalan daging, warna daging, tekstur, kadar air, ukuran biji, kesempurnaan juring buah, ketipisan kulit, warna kulit dan daya simpan.

Sementara pimpinan PT GGF Lampung Pauzan menambahkan, latar belakang utama pihaknya mengembangkan hortikuktura yakni potensi durian lokal. Di mana, banyak yang lebih enak dan potensial untuk menjadi komersial.

“Itu kewajiban kita semua untuk mengembangkannya,” sebut dia. Melalui kontes durian diharapkan menghasilkan bibit unggul sehingga dapat dijadikan referensi masyarakat luar dalam mencari bibit unggulan.

“GGF akan mengembangkan bibit durian lokal. Harapannya dapat sejajar dengan durian dari mancanegara,” tegasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi