oleh

UPBJJ UT Siapkan Lulusan Kreatif, Inovatif dan Berkarakter

radarlampung.co.id – Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT), mempersiapkan lulusan guru yang kreatif, inovatif dan berkarakter.

Persiapan tersebut, dilakukan sebelum Penyerahan Ijazah dan Pelepasan 985 orang Alumni. Dimana metodenya, dengan seminar nasional yang dilaksanakan di Balai Krakatau, Kemiling Bandarlampung, Rabu (19/2).

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Dosen FKIP Universitas Lampung, Dr. Muhammad Fuad M. Hum dan Dosen UIN Raden Intan Lampung KH. Ngisomuddin.

Dalam paparannya, Fuad menjelaskan, bahwa menjadi seorang guru, merupakan tugas mulia, sehingga guru dituntut agar kreatif, inovatif dan berkarakter. Untuk mewujudkannya, seorang Guru harus paham dengan Literasi dengan cara update teknologi, informasi dan pengetahuan.

Baca :   Pulang Dari Bekasi, Puluhan Mahasiswa Tubaba Dibawa ke RSUD

“Guru itu harus berkarakter mulia, baik karakter olah pikir, olah rasa, olahraga maupun olah karsa,”ungkap Fuad.

Menurutnya, berdasarkan UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, seorang guru profesional harus memiliki empat kompetensi dasar dalam pendidikan, diantaranya kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kompetensi kepribadian.

“Nah, karena guru diyakini mempunyai ilmu yang bermanfaat bagi siswanya. Makanya, seorang guru itu harus memiliki pribadi yang baik, karena mudah ditiru oleh siswanya. Itulah kompetensi dasar yang minimal harus dimiliki guru professional,” ujarnya.

Baca :   Pulang Dari Bekasi, Puluhan Mahasiswa Tubaba Dibawa ke RSUD

Sementara, Ngisomuddin menambahkan, seorang guru, harus mengetahui batas-batas torelansi kepada siswa. “Tapi, tidak dibenarkan melewati batas Aqidah,” katanya.

Diinformasikan, untuk upacara penyerahan Ijazah dan Pelepasan Alumni UPBJJ Universitas Terbuka, Tahap I tahun 2020 berjumlah 985 orang yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Pelaksanaannya, akan berlangsung di Balai Krakatau, Kemiling, Bandarlampung pada hari Kamis (20/2). Dimana, Pembacaan Surat Keputusan Rektor Universitas Terbuka tentang Pengukuhan Kelulusan, rencananya akan dibacakan oleh Koordinator BBLBA, Agus Iskandar. (gie/yud)

Komentar

Rekomendasi