oleh

Ngopi Wine, Bahas Pengembangan Wisata di Lambar

radarlampung.co.id – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat menggelar Ngopi Wine (Ngobrol Pintar Wisata Negeri Sekala Bekhak), Kamis (20/2). Kegiatan yang berlangsung di aula Hotel dan Resto Sari Rasa, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit ini diikuti puluhan peserta dari organisasi perangkat daerah (OPD), pengusaha hotel, pengusaha kopi, penyedia layanan wisata dan para penggiat wisata.

Pokok bahasan adalah pemasaran desa wisata. Ada sembilan langkah yang ditetapkan. Yakni perumusan USPs (unique selling proposition), target pasar, positioning, identitas (brand), produk, harga, saluran pemasaran dan komunikasi, dan komunikasi pemasaran.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Disporapar Lambar Try Umaryani meminta agar pengelola wisata lebih kreatif untuk menarik pengunjung wisata.

”Kegiatan ini diskusi santai. Untuk menjalin komunikasi. Sebab saya sadar betul dalam mengelola wisata tidak bisa dilakukan sendiri. Kami dari dinas, perannya hanya memfasilitasi dan mendampingi. Pengelola wisatalah yang harus lebih kreati,” tegas Tri Umaryani.

Selain meminta pengelola wisata kreatif, Tri juga memberikan beberapa masukan. Salah satunya, promosi wisata harus dibarengi dengan cerita. Tidak hanya foto saja. ”Pemasaran kita sudah cukup baik. Tinggal bagaimana bisa menarik minat pengunjung. Masukan juga untuk pengusaha, agar tidak perlu mahal-mahal menjual segala sesuatunya. Terpenting lancer. Daripada pengunjung datang sekali, tapi kapok. Kan, sayang. Jika perlu, sering adakan promo,” ujarnya. (nop/ais)

Komentar