oleh

Pemkab Lampura Gelar FGD Satu Data Indonesia

radarlampung.co.id – Pemkab Lampung Utara, mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Satu Data Indonesia, di Ruang Siger Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Kamis (20/2).

Peserta dalam acara FGD ini, Para Kepala OPD dan Para Camat Se-Lampura. Sementara sebagai Narasumber pada FGD ini adalah Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampura sekaligus membuka acara dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampura.

Plt. Bupati Lampura, Budi Utomo, yang disampaikan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sanny Lumi menyatakan, bahwa Satu Data Indonesia sangat dibutuhkan. Mengingat masih banyaknya ketidaksesuaian atau tidak sinkronnya data kependudukan antara yang satu dengan lainnya. 

“Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil menghitung penduduk berdasarkan KTP dan NIK yang ada, sedangkan Badan Pusat Statistik mencatat penduduk dengan melakukan pendataan lapangan dalam kurun waktu tertentu,” kata dia.

Perbedaan metode, lanjut Sanny, menghasilkan data yang berbeda yang menjadi alasan mengapa selalu memiliki masalah terhadap data penduduk. “Perbedaan data mensyaratkan perlunya satu data kependudukan. Urgensi tentang pentingnya data terkait dengan cita-cita Indonesia untuk mewujudkan identitas tunggal sebagaimana dimandatkan oleh undang-undang,”papar Sanny Lumi. (ozy/yud)

Komentar

Rekomendasi