oleh

Radar Lampung Bekali Siswa SMAN 1 Way Tenong Tentang Jurnalistik

radarlampung.co.id – SMA Negeri 1 Way Tenong Lampung Barat belajar mengenai jurnalistik dan industri ke Graha Pena Lampung, dan disambut oleh pimpinan redaksi Radar Lampung Widisandika Budiman.

Karsimin Wakil Kepala bagaian kesiswaan SMA N 1 Way Tenong Lampung Barat menjelaskan kunjungan tersebut untuk mempelajari tentang sistem kerja di Radar Lampung dan belajar menulis terkait jurnalistik.

“Karena media salah satu alat komunikasi bagi masyarakat, dan sebagai alat kontrol sosial bagi masyarakat. Karena itu kami ingin mengetahui sistem kerja di sini,” katanya, Kamis (20/2).

Ia mengatakan, dalam kunjungannya, jumlah siswa yang mengikutinya sebanyak 67 siswa, yang terdiri dari kelas XI, dan beberapa siswa dari kelas XII.

Sementara, pemimpin Redaksi Radar Lampung Widisandika Budiman menjelaskan, sejarah Radar Lampung dari mulai dibangun hingga saat ini berusia 20 tahun. Dan berharap, Radar Lampung akan terus tumbuh untuk menjadi sampai 50 atau 60 tahun ke depan.

Widi juga menerangkan, proses mencari berita yang dimulai pada 07.30 dengan rapat proyeksi terlebih dahulu. Rapat proyeksi merupakan memilah dan memilih berita apa yang akan disampaikan melalui media cetak Radar Lampung dan juga Radar Lampung online. Setelah itu, proses budgeting pada sore hari, yaitu melisting berita yang telah ditulis, dan memilah berita yang layak tayang.

“Berita yang layak tayang tentunya tidak keluar dari kaedah kode etik jurnalistik, tidak berbau SARA, berimbang, dan tidak menyudutkan. Berita yang ditampilkan juga berguna bagi masyarakat, jangan sampai menyudutkan, dan bisa memberikan solusi,”jelasnya.

Rombongan juga dibawa untuk melihat ke bagian percetakan, bagaimana sebuah koran Radar Lampung dicetak dan sebarluaskan ke seluruh masyarakat Lampung. (rur/ang)

 

Komentar

Rekomendasi