oleh

Waspada! Ada Kerusakan Di JTTS KM 240-253

radarlampung.co.id – Pengendara yang melintasi jalan tol trans Sumatera (JTTS) Ruas Terbanggibesar – Pematangpanggang – Kayuagung (Terpeka) patut waspada. Sebab, di kilometer 240 sampai 253 telah terjadi kerusakan.

Kepala Cabang PT HK ruas Terpeka, Yoni Satyo mengatakan, kerusakan permukaan telah terjadi di Kilometer 240 sampai 253. Namun, saat ini, sedang ditangani oleh Waskita yang merupakan pelaksana kontraktor.

“Dalam konstruksi perbaikan ada yang dilakukan permanen dan sementara, karena kita tau jalan tol di atas rawa atau gambut. Yang memang tidak seperti tanah stabil, dan kondisinya bergerak terus. Apalagi saat ini cuaca juga berubah-ubah,” ungkap Yoni, Kamis (20/2).

Menurutnya, beberapa waktu lalu, tim dari Puslitbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Bandung telah turun langsung mengevaluasi perbaikan jangka panjang. “Sampai hari ini juga, kami masih menunggu perbaikan kedepannya,” tambahnya.

Yoni mengaku, penyebab kerusakan sendiri di dominasi persoalan kendaraan Over Dimension Over Loading (ODOL) yang melalui jalan tol. Saat ini pihaknya masih menemukan banyak kendaraan ODOL yang tercatat berada di jalan tol selama 12 jam.

“Kami masih banyak menemukan kendaraan ODOL berada di jalan tol selama 12 jam. Jadi perhitungan kami dari 12 jam itu mereka istirahat 3-4 jam. Artinya perjalanan selama 8 jam, jika dibagi jarak maka hanya sekitar 40 km/jam kecepatan tempuh kendaraannya. Artinya ini kurang dari jarak tempuh minimal di tol sebesar 60 km/jam. Ini juga yang menyebabkan banyak tabrak belakang,” ujarnya.

Yoni melanjutkan, kondisi ODOL yang masuk tol ini juga berdampak pada kondisi jalan. “ODOL yang masih banyak ditemukan ini Menjadi salah satu penyebab jalan rusak, padahal baru diresmikan. Padahal penyumbang kerusakan nya itu ya ODOL. Coba dibandingkan Di jalan lintas, sekarang relatif lebih utuh tidak banyak kerusakan seperti tol, itu bukti odol penyumbang kerusakan di jalan tol,” pungkasnya. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi