oleh

123 Peserta Ikuti UPA 2020 Peradi


radarlampung.co.id – Sebanyak 123 peserta mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA) yang digelar Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang digelar di Auditorium Universitas Bandar Lampung (UBL), Bandarlampung, Sabtu (22/2).

Selain digelar di Bandarlampung, kegiatan rutin ini juga digelar serentak di 37 kota se Indonesia.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Peradi, Zul Armain Aziz mengatakan kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, sebanyak 124 peserta yang harus melaksanakan tes. Namun satu orang berhalangan hadir. Sehingga hanya diikuti 123 peserta. Seluruh peserta yang mengikuti tes ini sebelumnya telah dinyatakan lulus dari PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat) selama 3 bulan.

“Pelaksanaan ujian yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, dibagi menjadi dua sesi ujian. Pertama merupakan teori berupa multiple choise dan yang kedua essay atau praktik. Untuk ujian teori dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, kemudian dilanjutkan tes essay berikut surat kuasa dan surat gugatan yang ditandatangani,” beber Zul.

Tes ini, rencananya akan diumumkan pada 28 Maret mendatang. Dengan animo peserta yang ikut dalam ujian advokat di Bandarlampung cukup aktif dan banyak. Maka itu Zul berharap banyak yang bisa lulus dari passing grade yang telah ditentukan untuk dua tes ini, yaitu 7.

Dari kegiatan ini, peserta yang dinyatakan lulus peserta harus magang dahulu selama dua tahun baru kemudian bisa dilantik. ”Setelah dapat rekomendasi dari kantor Advokat tempat magangnya, kemudian bisa diangkat jadi advokat dan diambil sumpah,” tambah Zul.

Ditambahkan Ujian Profesi Advokat (UPA) akan digelar serempak di 37 kota Indonesia pada Sabtu (22/2) mendatang. Setidaknya, ada 4.844 peserta dari Sabang hingga Merauke yang terdaftar mengikuti UPA tahun 2020. “Dari ke-37 kota tersebut, peserta paling banyak berasal dari DKI Jakarta yang mencapai 1.785 pendaftar. Pelaksanaannya bertempat di Universitas Tarumanegara, Jakarta,” tutur ketua Panitia UPA 2020, R. Dwiyanto Prihartono. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi