oleh

Perdana, Balon Kada Perseorangan Serahkan Dukungan

radarlampung.co.id – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur dari jalur perseorangan Sugianto-Masrizal menyerahkan dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Sabtu (22/2). Kedatangan rombongan diterima Ketua KPU Lamtim Wasiat Jarwo Asmoro beserta komioner.

Usai menerima penyerahan berkas dukungan bakal calon kepala daerah (balon kada), Wasiat Jarwo menjelaskan, untuk dapat maju pada pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbub), calon perseorangan harus mendapat dukungan paling sedikit 59.262 orang. Sedangkan pasangan Sugianto-Masrizal menyerahkan 77.103 dukungan.  

Dukungan yang diserahkan pasangan balon tersebut memang melebihi batas minimal. Namun dari hasil verifikasi, masih ada sejumlah berkas yang harus dilengkapi pasangan tersebut. 

”Kami beri kesempatan pasangan itu untuk melengkapi berkas,” kata Wasiat Jarwo Asmoro dalam acara yang juga dihadiri Ketua Bawaslu Lamtim Uslih.

Sesuai jadwal, penyerahan berkas dukungan dilaksanakan mulai 18-23 Februari 2020. Karena itu, pasangan tersebut diberi kesempatan melengkapi berkas dukungan paling lambat, Minggu (23/2).

Wasiat menuturkan, setelah perbaikan berkas dukungan diserahkan, tahap selanjutnya KPU akan kembali melakukan verifikasi. Bila hasilnya dinyatakan memenuhi syarat, maka tahap selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi faktual melalui sensus ke seluruh pendukung yang dicantumkan bakal calon perseorangan. 

Sensus dilakukan tim dari KPU bersama PPS dan dibawah pengawasan Bawaslu. ”Selama masa sensus, masyarakat boleh menyampaikan tanggapan terkait kebenaran dukungan bakal calon persorangan,” tegas Wasiat.        

Sementara, pasangan Sugianto-Masrizal menyatakan berencana menyerahkan kelengkapan  berkas dukungan ke KPU Lamtim sesuai jadwal yang telah ditetapkan. (wid/ais)

Komentar

Rekomendasi