oleh

Dua Prodi Baru di UIN RIL Buka Pendaftaran Mahasiswa


radarlampung.co.id  – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Moh.Mukri berencana membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru tahun 2020/2021 untuk dua program studi (prodi) baru pada Fakultas Saintek yakni Prodi Biologi dan Sistem Informasi.

Mukri menjelaskan, Kampus UIN Raden Intan Lampung, berada diurutan 10 dari 59 UIN se Indonesia. Hal ini berdasarkan rekapitulasi PTKIN  pilihan I per Minggu (23/2) pukul 14.45 wib. “Artinya ini membuktikan kampus UIN Raden Intan Lampung mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Dari data yang ada, peserta yang mendaftar di UIN Raden Intan berasal dari 23 provinsi di Indonesia,” ungkapnya, Senin (24/2).

Menurutnya, UIN Raden Intan akan menerima sekitar 3000 mahasiswa pada jalur PTKIN. Sementara, total mahasiswa baru yang akan diterima sekitar 6000 orang dari tiga jalur masuk UIN Raden Intan baik itu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan UM Mandiri. UIN RIL juga mendapatkan apresiasi dari kampus luar bidang lingkungan dan infrastruktur, diantaranya, Role model kampus tampa sampah, dan role model kampus tampa merokok.”Bahkan dalam waktu dekat, kami diundang kampus IPB terkait lingkungan,”katanya.

Mukri menjelaskan, berdasarkan 1247 sekolah se-Lampung, dengan rincian sekitar 306  MAN/MAS, 681 SMAN/SMA swasta,  260 SMKN/SMK swasta. Peminat UIN Raden Intan Lampung lebih besar dari lulusan MAN/MAS. Untuk itu, dalam suasana silahturahmi dan sosialisasi juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada 15 orang Kepala Sekolah dimana calon lulusanya paling banyak melakukan pendaftaran SPAN-PTKIN di UIN Raden Intan Lampung.

Sementara, Wakil Rektor I Uin Raden Intan Lampung Dr.Alamsyah menambahkan, sampai saat ini sudah mencapai 7000 pendaftaran.”Kuota mahasiswa baru sekitar 5000-6000 orang. Para lulusan MAN dan MAS penyumbang kontribusi terbesar,”jelasnya.

Di UIN Radar Lampung juga memberikan kuota 250 orang khusus Beasiswa program Keagamaan bersumber dari berbagai Instansi pemerintah maupun swasta. “Bahkan nilai Beasiswanya pun  beragam,”tambahnya. (gie/yud)

Komentar

Rekomendasi