oleh

Tingkatkan PAD, Sarpras P3 Kotaagung Dibenahi

radarlampung.co.id – Sarana prasarana (Sarpras) Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Kotaagung, Tanggamus akan dibenahi tahun ini. Saat ini proyek tersebut dalam proses tender. Diperkirakan April atau Mei sudah masuk pengerjaan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Wilayah III Kotaagung Dinas Kelautan Lampung Endro Basuki Prabowo mengatakan, sarana yang akan dibenahi dan direhab adalah bangsal pengepakan.

Semula di bagian depan halaman tempat pelelangan ikan (TPI), dipindah ke belakang. Lokasinya memanfaatkan bangsal pemasaran ikan yang selama ini tidak ditempati pedagang ikan.

“Bangsal pemasaran di belakang TPI yang kosong, kita jadikan bangsal pengepakan dan diperluas lagi bangunannya. Untuk bangsal pengepakan yang lama, akan kita bangun dan dijadikan lapak pemasaran ikan,” kata Endro Basuki.

Selain itu, lanjut Endro, akan dibangun drainase areal pengepakan ikan, areal pemasaran ikan serta di TPI. Dengan begitu air limbah ikan tidak lagi menggenangi P3 yang berimbas dengan kumuhnya lokasi itu.

Selanjutnya halaman yang selama ini ditempati pedagang dan dijadikan lapak tenda pemasaran akan dijadikan areal parkir serta taman pelabuhan.

“Tentunya ke depan akan lebih teratur, bersih, nyaman dan asri dengan pohon yang akan kita tanam. Begitu juga parkir para pengunjung, akan teratur dan rapi. Ini usaha dan upaya kami meningkatkan pelayanan,” tandasnya.

Endro juga menerangkan, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari Pelabuhan Perikanan Kotaagung cukup signifikan. Ini terjadi sejak berdirinya UPTD pada 2017 lalu. Bahkan realisiasinya mencapai target.

“Tapi tahun kemarin, karena terkendala cuaca ektrem, berimbas turunnya PAD dari target Rp250 juta hanya terealisasi Rp230 juta. Namun tahun ini kami optimistis akan melampaui target. Apalagi areal pelabuhan sudah kita benahi,” sebut dia. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi