oleh

Usulkan Bantuan Internet Pedesaan untuk 30 Pekon

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengusulkan dengan 30 pekon menerima bantuan internet pedesaan dari Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahaun ini. Pada 2019, ada 29 pekon yang mendapatkan program tersebut.

Kabid Aplikasi Informatika Iskandar mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lambar Maidar mengungkapkan, dengan internet pedesaan ini, diharapkan dapat membantu tata kelola pemerintahan pekon, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendorong masyarakat memanfaatkan jaringan internet yang ada untuk hal-hal produktif.

”Tujuan lainnya, dalam rangka mendukung pengembangan usaha kecil menengah (UKM) yang ada di pekon. Sebab bantuan internet tersebut harus dimanfaatkan baik oleh masyarakat. Hingga saat ini, untuk jaringan internet pada 29 pekon bantuan tahun 2019 lalu berfungsi baik. Insya Allah usulan yang kita sampaikan tahun 2020 ini bisa direalisasikan juga oleh Bakti Kominfo,” kata Iskandar.

Dijelaskan, bantuan internet tersebut tidak bisa digunakan untuk kepentingan pribadi. Terlebih masyarakat kesulitan untuk mengakses jaringan yang ada. Karena itu, masyarakat juga diharapkan proaktif melaporkan kepada pihaknya ketika jaringan internet yang tersedia bukan untuk kepentingan umum.

”Sebenarnya untuk jaringan internet pedesaan tersebut, seyogyanya bisa mendongkrak sektor pariwisata yang ada di pekon. Ditempatkan di balai pekon atau tempat usaha milik BUMDes atau KWT. Dengan begitu masyarakat sekitar bisa mengakses. Jika dipasang di rumah peratin misalnya dan masyarakat sulit mengakses, silahkan laporkan ke kami,” tegasnya. (nop/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi