oleh

Way Tuba Meluap, Winarti: Jangan Sampai Ada Korban!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Meluapnya Way Tulangbawang (Tuba) yang menggenangi ratusan rumah warga langsung mendapat perhatian Bupati Tulangbawang Winarti.

Orang nomor satu di Tulangbawang tersebut langsung meninjau rumah-rumah warga terdampak banjir akibat luapan Way Tuba.

Winarti datang bersama Dandim 0426/TB Letkol Inf Kohir beserta beberapa pejabat terkait.

Menurut Winarti, tinjauan tersebut dilakukan sekaligus untuk mematangkan persiapan menghadapi banjir tahunan di lingkungan bugis dan lingkungan palembang.

Ya, luapan Way Tuba saat ini memang belum sedahsyat tahun lalu. Hanya saja memang dua lingkungan di kelurahan Menggala Kota ini menjadi wilayah langganan banjir akibat letaknya tepat berada di bantaran Way Tuba.

“Kita tidak ingin terjadi kelalaian seperti tahun lalu, ada anak-anak yang jadi korban karena bermain dan akhirnya terseret air. Maka yang pertama kita lakukan pencegahan dini,” katanya saat melakukan tinjauan, Senin (24/2).

Winarti sadar betul warga di dua lingkungan tersebut tidak ingin direlokasi atau dipindahkan dari tempat tinggal mereka saat ini.

Untuk itu, mantan Ketua DPRD Tulangbawang itu mengajak masyarakat gotong royong mengantisipasi dan mencegah hal-hal buruk terjadi saat Way Tuba meluap.

“Saya sudah instruksikan agar dipasang plang larangan di titik-titik berarus dan terdalam, sebagai imbauan anak-anak untuk tidak bermain di situ karena air semakin deras dan meninggi,” terangnya.

Selain itu, Pemkab Tulangbawang juga telah membuka posko kesehatan di beberapa titik.

Winarti mengaku juga telah berkoordinasi langsung dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terkait penanggulangan bencana tersebut.

Bupati juga telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tulangbawang untuk berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Lampung agar air luapan Way Tuba tidak mengendap ke gorong-gorong jalan lintas sumatera (jalinsum). (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi