oleh

Ratusan Warga Lamtim Terserang DBD

radarlampung.co.id – Warga Kabupaten Lampung Timur yang terserang penyakit demam berdarah dengeu (DB) di Kabupaten Lampung Timur meningkat.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Lampung Timur, selama periode Januari hingga Februari total warga yang terserang DBD telah mencapai 236 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur dr.Nanang Salman Saleh menjelaskan, jumlah warga yang terserang DBD tersebut  tersebar di 18 dari 24 kecamatan yang ada di wilayah Lamtim. Menurutnya, jumlah warga yang terserang DBD paling banyak di wilayah Kecamatan Pekalongan yang mencapai 31 orang.

Dilanjutkan, Lamtim memang merupakan daerah endemik DBD, terutama di wilayah yang berbatasan dengan kabupaten/kota lain.  “Penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegepty tersebut cenderung meningkat di saat musim penghujan seperti sekarang ini,”jelas dr.Nanang didampingi Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Sartono, Selasa (25/2).

Lebih lanjut dijelaskan, untuk mencegah penyebaran DBD, kami telah melaksanakan fogging focus di wilayah yang terserang, Selain, itu  Pemkab Lamtim juga telah mencanangkan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Antara lain, melalui kegiatan menutup, mengubur dan menguras (3M) tempat-tempat yang potensial menjadi sarang nyamuk. 

Diketahui, serangam penyakit demam berdarah dengeu (DBD) menghantui warga Kabupaten Lampung Timur.  Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan setempat, selama periode Januari 2020 ini warga Lamtim yang terserang penyakit disebabkan gigitan nyamuk aedes aegepty itu meningkat dari 13 menjadi 57 orang. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi