oleh

Bupati Mesuji Resmikan Mobil Pelayanan Adminduk Keliling

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji terus memaksimalkam upaya peningkatan percepatan dan kualitas pelayanan pembuatan berbagai dokumen administrasi kependudukan (adminduk).

Salah satu terobosan yang dilakukan untuk memaksimalkan upaya tersebut, dengan melucurkan mobil layanan keliling pembuatan adminduk.

Acara peluncuran mobil pelayanan admiduk keliling itu dilaksanakan di halaman kantor Desa Bukoposo, Kecamatan Way Serdang, sekaligus saat acara Musrenbang Tingkat Kecamatan Way Serdang, Rabu (26/2).

Bupati Mesuji Saply TH mengatakan, hari ini dirinya melakukan peluncuran perdana Mobil Pelayanan Keliling Administrasi Kependudukan Gemas Mesra yang merupakan kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Mesuji Sadar Administrasi.

“Dengan adanya mobil pelayanan keliling ini, masyarakat memperoleh kemudahan dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan, baik perekaman sekaligus pencetakan secara langsung di lokasi, di antaranya pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan dokumen kependudukan lainnya.

Baca :   Antisipasi Masuknya Covid-19, Bus dari Luar Mesuji di Semprot Disinfektan

“Saya berharap mobil pelayanan keliling ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mendukung tugas dan fungsi melayani masyarakat dalam hal pelayanan administrasi kependudukan,” ucap Saply.

Dia pun berharap adanya mobil pelayanan keliling tersebut, pengurusan dokumen administrasi kependudukan teratasi sampai ke seluruh desa. “Sekarang sudah zamannya pelayanan jemput bola, kita mudahkan masyarakat, kita layani masyarakat dengan maksimal,” pesannya.

Sementara Sekretaris Disdukcapil Mesuji Elvita Krisnawati menjelaskan, mobil pelayanan ini berfungsi untuk memberikan pelayan kepada warga Mesuji yang ingin membuat dokumen kependudukan, baik kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), akte kelahiran atau surat kematian, namun berdomisili jauh.

Baca :   Pemkab Mesuji Perpanjang Giat Belajar di Rumah

“Kalau biasanya masyarakat yang mendatangi Disdukcapil, dengan adanya mobil pelayanan ini, petugas yang mendatangi masyarakat ke desa yang jauh dari pusat pemerintahan. Harapannya, bagi masyarakat Mesuji yang belum mempunyai dokumen kependudukan akan dapat segera memiliki dokumen kependudukan,” kata dia.

Dan, dirinya bersyukur masyarakat sangat antusias dengan hadirnya mobil pelayanan keliling tersebut. Berdasarkan data yang ada, 500 masyarakat hadir untuk mengurus administrasi kependudukan, meski belum semua bisa terlayani karena keterbatasan waktu.

“Kedepan kita akan terus jemput bola terkait Adminduk. Harapannya agar masyarakat bersabar, pasti akan kita datangi,” sebutnya. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi