oleh

Pringsewu Dapat BSPS untuk 200 Rumah

radarlampung.co.id – Selain program peningkatan kualitas Bantuan Rumah Swadaya (BRS), Pringsewu juga mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Bantuan dari Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SKNVT) provinsi itu dijadwalkan berlangsung tahun ini.

“Melalui Dinas PUPR, Pringsewu mendapatkan 200 unit BSPS,” kata Kabid Perumahan Dinas PUPR Pringsewu Handri Yusuf mewakili Kepala Dinas Andi Purwanto.

Total anggaran untuk 200 rumah tersebut mencapai Rp3,5 miliar. “Sama seperti BRS, bantuan BSPS ini sebesar Rp17,5 juta per unit rumah,” ujarnya.

Target tahun ini, terus Handri, sekitar 350-500 rumah yang mendapat bantuan. ”Sisa yang belum mendapatkan kuota, kita usulan ke SKNVT,” kata dia.

 Sebelumnya, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kecamatan Pringsewu bakal mendapat bantuan. Tahun ini, sebanyak 152 unit rumah menjadi sasaran program peningkatan kualitas Bantuan Rumah Swadaya (BRS) yang bersumber dari DAK.

Kabid Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Pringsewu Handri Yusuf mengatakan, bantuan diperuntukkan MBR, berdasar usulan dari pekon dan kelurahan yang sudah masuk database. “Kemudian kita verifikasi bersama tim dari Kementerian,” kata Handri.

Program BRS DAK untuk 152 unit rumah menelan anggaran Rp2,66 miliar. Masing-masing kelompok penerima bantuan (KPB) mendapatkan Rp17.500.000. ”Rinciannya Rp15 juta untuk bahan material dan Rp2,5 juta ongkos tukang yang langsung ditransfer ke rekening KPB,” urainya. (mul/sag/ais)

 

 

 

Komentar

Rekomendasi