oleh

Rp1,7 M Bantuan untuk Pembangunan Pabrik Sale

radarlampung.co.id – Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati di Pekon Tribudi Syukur, Kecamatan Kebuntebu, Lampung Barat akan mendapatkan bantuan sarana dan prasarana produksi sale atau selai tahun ini. Total bantuan dari Kementerian Perindustrian ini mencapai Rp1,7 miliar lebih.  

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lambar Yudha Setiawan mengatakan, untuk sarana dan prasarana yang akan dibangun adalah gedung, pagar, mesin dan listrik. Nantinya akan menjadi penunjang produksi sale yang selama ini masih terkendala fasilitas pendukung.

“Dengan adanya pembangunan tersebut, KWT Melati akan bisa lebih berkembang lagi. Kemudian mampu memproduksi dengan skala besar,” kata Yudha Setiawan, Kamis (27/2).

Menurut dia, potensi berkembangnya pabrik sale di Lambar cukup besar. Di mana, bahan baku, khususnya pisang cukup banyai. Bahkan selama ini sebagian besar dimanfaatkan oleh pabrik-pabrik di pulau Jawa.

“Kalau kita ke Bandung beli selai yang sudah jadi, ternyata bahannya dari Lampung Barat. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan KWT Melati bisa menjual produk dan dipasarkan dalam keadaan sudah menjadi selai. Bukan lagi menjual bahan baku,” sebut dia.

Untuk mempreroleh bantuan itu, harus ada 10 kelompok binaan dan produksi. Di bawah KWT Melati, sudah ada 10 kelompok yang menjual sale ke luar Lampung. ”Pabrik ini khusus untuk sale. Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mengembangkan usahanya,” tegasnya. (nop/ais)

 

 

 

 

Komentar

Rekomendasi