oleh

SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Berkunjung ke Graha Pena Radar Lampung

radarlampung.co.id – SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo membawa anak didiknya untuk mengunjungi Radar Lampung. Hal itu untuk memberikan pengetahuan jurnalistik kepada anak didiknya yang merupakan siswa kelas VIII, dan beberapa guru yang turut mendampingi. Rombongan disambut oleh redaktur Radar Lampung, Dina Puspasari dan Agung Budiarto.

Waka Kesiswaan SMP Muhammadiyah 1 Gading Rejo Suherdi menjelaskan, di zaman sekarang, berita-berita sudah disebarkan melalui media online. Namun pihaknya ingin memberikan wawasan dan pengetahuan dari sisi yang lain terkait media cetak.

“Kami ingin memunculkan ke anak didik bahwa ada sisi lain dari media cetak yang perlu diketahui dan tentunya dilestarikan,” ujarnya, Kamis (27/2).

Selain itu, pihaknya melakukan kunjungan ke Graha Pena Lampung untuk memberikan pengetahuan kepada anak didiknya, bagaimana cara meliput berita, kriteria berita yang layak dimuat, dan tata bahasa yang benar.
Sementara, Dina Puspasari menjelaskan mengenai proses pencarian berita hingga pembuatan berita yang dilakukan oleh wartawan. Ia menceritakan, pencarian berita dimulai pada pukul 8 pagi hingga 16.00 sore. Ia juga menjelaskan, kriteria berita tang layak untuk dimuat, tentunya harus mengandung unsur 5w 1h.

“Selain itu, berita juga harus informatif, edukatif, dan entertain atau menghibur para pembacanya. Dan sebuah berita tidak boleh memprovokasi, sebisa mungkin menjadi sebuah solusi,” pungkasnya. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi