oleh

AMA Gandeng Owner El’s Coffee Bagikan Strategi Bisnis

radarlampung.co.id – Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) chapter Lampung kembali menggelar kegiatan seminar bisnis dengan mengusung tema Strategi Membaca Pasar Dalam Pengembangan Bisnis, Jumat (28/2).

Kali ini, kegiatan digelar di Kopi Ketje Pinehurst, jl. Dipenogero, Telukbetung Utara, Bandarlampung. Dalam acara tersebut, Elkana Arlen Riswan yang merupakan Owner El’s Coffee turut hadir menjadi pemateri dan membagi sejumlah strategi yang harus dikuasai untuk membaca pasar dalam pembangunan bisnis. ”Pengembangan bisnis dalam arti bagaimana kita melihat bisnis kedepannya,” kata Elkana, Jumat (28/2).

Adapun salah satu yang harus diperhatikan dalam rangka pengembangan bisnis yakni seperti inovasi dan kreatifitas. Selain itu, dalam membangun usaha tentu akan ada tantangan akan ditemui. Salah satunya yakni tentang market yang saat ini semakin fluktuatif dan persaingan yang semakin ketat.

”Jadi kita harus siap mengadu kreatifitas. Maka diperlukan sekali kretifitas dalam menghadapi kondisi market sekarang. Kemudian inovasi yang diberikan juga harus bermanfaat bagi orang lain. Karena kalau ngasih inovasi aja tapu ngga bermanfaat juga akan percuma,” tambahnya.

Disamping itu, melihat perkembangan UMKM saat ini, menurutnya masih perlu kerja keras untuk membangun pasar. Selain itu, market ini juga sangat bergantung pada teknologi sehingga dibutuhkan strategi seperti menjual produk secara online untuk menyesuaikan dengan kebiasaan konsumtif masyarakat.

”Dan juga terkadang, di jaman ini kita butuh adanya influenzer atau panutan di dunia maya yang bisa mengajak teman-teman untuk menggunakan produk kita,” tukasnya.

Menurutnya, hal yang tidak kalah penting, mengingat saat ini bangsa Indonesia, khususnya Lampung didominasi oleh masyarakat milenial yang senang dengan hal-hal praktis, sehingga harusnya bisnis UMKM bisa dilengkapi dengan pemesanan dan pembayaran yang praktis seperti layanan Go-Food dan lain-lain.

Disinggung tentang bisnis yang masih memiliki peluang besar di tahun ini, Elkana berpendapat, bisnis food and baverage (F&B) masih cukup menjanjikan.

”Karena itu merupakan suatu bisnis yang tetap diminati banyak orang dan berhubungan dengan kebutuhan banyak orang. Karenakan semua orang butuh makanan dan juga F&B sekarang termasuk dalam gaya hidup masyarakat sehingga menurut saya bisnis ini masih cukup menjanjikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) chapter Lampung, Alex Tribuana Sutanto mengatakan, pihaknya secara rutin menggelar kegiatan seminar managemen untuk memberikan masukan dan membagikan kiat khusus bagi para pebisnis untuk mengelola usaha mereka.

”Dan setiap bulan tempat pelaksanaan juga selalu berpindah-pindah, begitu juga dengan narasumber dan materi yang diberikan,” katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau melakukan pendaftaran, peserta dapat menghubungi di nomor 081261902030 (Yunaidi) atau bisa juga dengan membuka website resmi AMA chapter Lampung di alamat www.ama-lampung.com.

”Kegiatan ini terbuka untuk umum, para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat seminar dari kita setelah mengikuti kegiatan ini. Kami harapkan, kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku bisnis di Lampung,” pungkasnya. (red/yud)

Komentar

Rekomendasi