oleh

Di Momen HUT yang ke-48, Basarnas Lampung Tambah 2 Kapal Penyelematan

radarlampung.co.id – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas Ke-48 dengan tema ‘Profesional, Sinegri, dan Militan untuk Indonesia Maju’, Jumat (28/2).

Kepala Basarnas (Kabasarnas) Lampung, Jumaril, mengatakan bahwa peringatan HUT Basarnas ke-48 tahun ini sengaja diselenggarakan secara sederhana dengan mengundang para instansi terkait.

“Kita ketahui bahwa hari ini adalah ulang tahun Basarnas ke-48, kita sengaja selenggarakan ini dengan sederhana karena menyikapi kondisi negara kita yang saat ini dimana-mana ada kondisi cuaca ekstrim dan bencana. Sehingga kita hanya laksanakan ini dengan sederhana untuk mengenang saja bahwa sejarah Basarnas ini lahir pada 28 Februari,” ujarnya.

Jumaril -sapaan akrabnya- menambahkan, pada tahun 2020 ini Basarnas Lampung juga telah menyiapkan beberapa program kerja seperti latihan potensi SAR di berbagai daerah Provinsi Lampung.

“Kita sudah siapkan program-program kegiatan diantaranya ada latihan potensi SAR. Insyallah akan kita gelar empat kali di tahun ini dengan target minimal kita dapat membentuk potensi SAR 200 orang,” terangnya.

Dalam latihan potensi SAR tersebut akan diselenggarakan secara bergantian dimulai dari Kantor Basarnas Lampung hingga ke daerah-daerah lainnya. “Nanti akan bergilir ke Tanggamus dan itu pesertanya bukan hanya dari Tanggamus saja, tetapi dari kabupaten sekitarnya sepeti Pesisir Barat dan Lampung Barat. Untuk wilayah pesisir menjadi target kita karena pesertanya masyarakat, nelayan, maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis),” jelasnya.

Lalu ditanya terkait peralatan sarana dan prasarana milik Basarnas Lampung, saat ini masih mempertahankan dua kapal sebagai penunjang apabila terjadi kondisi bencana maupun hal yang membahayakan jiwa.

“Sesuai amanat Kabasarnas tadi ada penambahan 2 kapal yang berukuran cukup besar 66 meter dan 2 helikopter. Untuk kapal besar itu rencana pimpinan pusat menjadi Kapal Apply, jadi dia pada saat Operasi SAR akan bertugas untuk mendistribusikan logistik Operasi SAR,” tuturnya.

Sementara itu untuk transportasi udara yang menggunakan helikopter, Kantor Basarnas Lampung masih dibantu dari Kantor Basarnas Pusat.

“Untuk helikopter kita masih di backup dari operasionalkan Kantor Basarnas Pusat itu standby di Tatang Sanjaya dan Pondok Cabe. Itu masih ter-cover, insyallah kurang lebih 1 jam penerbangan dari Tatang Sanjaya ke Lampung. Artinya kalau ada hal yang membutuhkan dukunan Alut (alat utama) dari helikopter, insyallah kita bisa di suport dari Kantor Pusat Basarnas,” pungkasnya. (ang/ang)

Komentar

Rekomendasi