oleh

Terkait Moratorium Umrah, Kemenag Lamtim Himbau Masyarakat Tidak Panik

radarlampung.co.id-Kementrian Agama  Lampung Timur berharap masyarakat kabupaten tersebut yang berniat menunaikan ibadah umrah tidak panik.. 

Itu menyusul kebijakan Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara (moratorium) kedatangan jemaah umrah asal Indonesia.

Kepala Kantor Kementrian Agama Republik Indonesia Karwito menjelaskan, moratorium kedatangan jemaah asal Indonesia itu terkait pencegahan penyebaran virus corona yang sedang melanda sejumlah negara. 

Dilanjutkan, kebijakan itu juga diberlakukan karena saat ini suhu di wilayah Arap Saudi pada kisaran 14 -16 derajat celsius.”Pada suhu tersebut dikhawatirkan virus corona semakin mudah menyebar,”jelas Karwito.

Lebih lanjut Karwito optimis, bila suhu di wilayah Arab Saudi sudah diatas 25 derajat celsius kemungkinan jemaah umrah asal Indonesia akan diijinkan masuk.  Menurutnya, pada akhir Maret atau awal April diperkirakan suhu di wilayah Arab Saudi sudah diatas 25 derajat celsius. “Semoga pada bulan tersebut Arab Saudi kembali dapat menerima kedatangan jemaah umrah asal Indonesia.

Ditambahkan, untuk saat ini moratorium tersebut belum berdampak pada calon jemaah umrah asal Lamtim. Pasalnya, sebagian besar calon jemaah umrah asal Lamtim direncanakan berangkat pada akhir Maret hingga awal April 2020. “Ada juga yang memilih berangkat pada bulan suci Ramadhon. Semoga, pada saat itu moratorium sudah dicabut,” harap Karwito. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi