oleh

Verifikasi Usulan Musrenbang

radarlampung.co.id – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona membentuk tim guna melakukan verifikasi usulan hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) pada 11 kecamatan untuk dijadikan usulan skala prioritas. Saat ini, empat dari 11 kecamatan sudah menggelar musrenbang.

”Kita sudah ada satu tim untuk menyampaikan metode pelaporan usulan musrenbang masing-masing kecamatan,” kata Dendi, Sabtu (29/2).

Menurut dia, dari 144 desa di Pesawaran, tentunya telah mengusulkan rangkaian program untuk dapat disampaikan. Baik melalui musrenbang maupun reses anggota DPRD. Di mana, dari berbagai usulan yang masuk, nantinya akan diverifikasi yang sifatnya skala prioritas.

“Metode pelaporan usulan urgensi bisa A, B dan C. Atau berada dalam map merah, kuning dan hijau. Misalnya map warna merah, merupakan usulan yang paling urgensi,” tandasnya.

Dilanjutkan, usulan yang sudah masuk nantinya akan dibahas lebih lanjut melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten. ”Tapi ingat, harus konsisten. Jangan sampai usulan sudah jadi, lantas potong kompas. Tiba-tiba ada yang menghadap saya langsung dan unsur lainnya. Jangan sampai usulan yang sudah ditetapkan lokusnya berubah. Harus konsisten,” tegasnya.

Selain organisasi perangkat daerah (OPD), Dewan Riset Daerah (DRD) juga mempunyai peran dalam memberikan masukan untuk menjadi produk kebijakan dan program pembangunan.

”Karena itu, DRD dilibatkan. Sebelum usulan masuk ke saya, terlebih dahulu ke mereka. Makanya kita tunggu eksistensinya DRD,” sebut dia. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi