oleh

Kembangkan Wisata Kopi, Pemprov Gandeng Polinela

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pengembangan kawasan agrowisata di Lampung, yang bakal menjadi salah satu keunggulan pariwisata mulai mendapatkan perhatian dari Pemprov Lampung.

Dengan menggandeng Politeknik Negeri Lampung (Polinela), rencananya pembangunan wisata berbasis pertanian ini akan dimulai dengan pembangunan kawasan agrowisata kopi di Kelurahan Sumberagung, Bandarlampung. Hal ini disampaikan Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Edarwan, Minggu (1/3).

“Untuk mewujudkan Provinsi Lampung sebagai salah satu destinasi wisata berbasis agrowisata, Pemprov Lampung bakal menggandeng Polinela dalam mengembangkan desa kopi,” ujar Edarwan.

Tidak hanya Polinela nantinya, pengembangannya juga bakal menggandeng pengusaha serta peran masyarakat dan media guna mengembangkan kawasan desa kopi ini. Dengan harapan, tak hanya sekedar kawasan yang dimanfaatkan untuk pertanian namun juga bisa mengedukasi masyarakat yang datang ke kawasan tersebut.

Dalam waktu dekat, pembahasan terkait desa kopi bakal mulai dilakukan. Guna mengembangkan program ini, secara bertahap juga dikucurkan anggaran khusus.

“Dari Dinas kita sudah dianggarkan Rp300 juta, ini hanya sedikit dari kami hanya untuk pengadaan mesinnya saja,” tambah Edarwan.

Karena nantinya, pengelolaan kawasan agrowisata kopi ini bakal dilakukan di lahan milik masyarakat. Maka dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pendekatan khusus dengan masyarakat setempat.

“Iya kami dalam waktu dekat bakal mulai melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar daerah tersebut. Intinya nanti wisatawan yang berkunjung ke sana tidak hanya mendapatkan kopi, tapi juga edukasi bagaimana kopi di olah hingga bisa disajikan di meja,” tandasnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi