oleh

Mantap, 157 Desa Lamtim Segera Terima DD Tahap I

radarlampung.co.id – Sebanyak 157 desa di Kabupaten Lampung Timur segera menerima dana desa (DD) tahap I tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, tahun ini, alokasi DD untuk Lamtim meningkat menjadi Rp281 miliar atau meningkat Rp11 miliar dibanding 2019.

Dilanjutkan,  tahun lalu DD disalurkan dengan 3 tahap, masing-masing, 20 persen, 40 persen dan 40 persen. Sedangkan, tahun ini berubah menjadi tahap 1 sebesar 40 persen, tahap 2 sebesar 40 persen dan tahap 3 sebesar 20 persen. Selain itu, untuk tahun ini penyaluran DD juga langsung dari pusat ke Rekening Kas Negara (RKN) di Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara ke rekening kas desa (RKD). Sedangkan, tahun lalu sebelum ke rekening kas desa terlebih dulu masuk ke rekening kas daerah.

Lebih lanjut dijelaskan, dari 264 desa yang ada di Lamtim  51 di antaranya telah mencairkan DD tahap I. Sedangkan, yang saat ini masih dalam proses pengusulan pencairan sebanyak 157 desa. Menurutnya, pencairan DD tahap I memang tidak serentak.

Sebab, untuk dapat mencairkan DD tahap I  harus memenuhi persyaratan. Antara lain, pekerjaan fisik yang menggunakan DD tahun 2019 sudah selesai 100 persen. Kemudian, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 sudah disyahkan. “Dengan adanya percepatan penyaluran DD tahap I diharapkan program pembangunan di desa  segera terlaksana sesuai rencana,”imbuh Yudi Irawan, Senin (2/3).

Diketahui sebelumnya, Program percepatan penyaluran dana desa (DD) tahun 2020 yang dicanangkan Presiden Republik Indonesai Joko Widodo membuah hasil.

Untuk Kabupaten Lampung Timur, sebanyak 51 dari 264 desa segera menerima dana desa (DD) tahap I tahun 2020.  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, 51 desa yang mendapatkan program percepatan penyaluran DD tahap I itu tersebar di 22 dari 24 kecamatan.

Menurutnya, sesuai intruksi Presiden Republik Indoesia Joko Widodo, penyaluran DD tahun  2020 sudah dapat dilaksanakan mulai Januari . Paling, tidak 10 persen dari total desa yang ada di Lamtim  sudah dapat mencairkan DD tahap I, mulai Januari. Karena di Lamtim terdapat 264 desa, maka paling tidak ada 30 desa yang sudah dapat mencairkan DD tahap I lebih awal.

Namun,  untuk dapat mencairkan ptogram percepatan DD tahap I  itu harus memenuhi persyaratan. Antara lain, pekerjaan fisik yang menggunakan DD tahun 2019 sudah selesai 100 persen. Kemudian, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 sudah disyahkan.  “Dari hasil verifikasi, ada 53 desa atau lebih dari 10 persen yang memenuhi syarat untuk mencairkan DD tahap I lebih awal. Sementara, desa lainnya harus masih menunggu kelengkapan  persyaratannya,” terang Yudi Irawan didampingi Sekretaris DPMD Beni Hutasara, Selasa (4/2) lalu. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi