oleh

TKW Asal Tubaba Batuk Pilek Usai Pulang dari Hongkong

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) tengah memantau secara intensif kondisi kesehatan salah seorang warga di  Kecamatan Tulang Bawang Udik. Pasalnya, warga yang diketahui bernama AT (24) tersebut mengalami gangguan kesehatan berupa flu dan batuk pasca kepulangannya dari Hongkong, negara tempat ia bekerja sebagai TKW.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Diskes Tubaba, Majril, S.Kep, Ns, MM. Menurutnya, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi terhadap virus corona yang kini menjadi isu dan masalah dunia.”Sebenarnya, AT sudah diperiksa oleh petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) dan dinyatakan sehat, tapi setelah beberapa hari di rumah mengalami gangguan kesehatan tersebut. Kita khawatir karena dia baru saja pulang dari  luar negeri, makanya kami pantau ketat kondisinya walaupun hasil pemeriksaan hanya flu dan batuk,”ungkapnya, Senin (2/3/2020).

Majril mengatakan, selain membentuk tim pengawasan yang bertugas memantau kondisi kesehatan AT pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Diskes Provinsi Lampung terkait hal itu.”Kita sudah komunikasi dengan provinsi siapa tahu harus dirujuk, tapi karena suhu tubuhnya normal 36 derajat maka Diskes Provinsi mengatakan cukup dilakukan isolasi di rumahnya saja sembari dipantau kondisi kesehatannya,”terangnya.

 

“Dalam hal ini beberapa hal sudah dilakukan oleh Diskes Tubaba, yakni turun langsung ke lapangan memberikan informasi kepada keluarganya untuk memakai masker dan kepada AT sementara waktu kami himbau untuk tidak keluar rumah. Yang jelas kondisi kesehatan Antika dalam pantauan Tim Dokter Puskesmas Karta Raharja,”tandasnya.

Di tempat terpisah, RD (50) mertua AT mengakui bahwa menantunya tersebut memang sempat mengalami flu dan batuk beberapa hari setelah kepulangannya dari Hongkong, namun sudah berobat di Puskesmas. Bahkan, kata dia, AT juga sudah melakukan rontgen di rumah sakit Asy-Syifa, Daya Asri- Tumijajar sesuai dengan petunjuk dari Puskesmas Karta Raharja.”Sekarang sudah sehat, dia sekarang gak di rumah tapi tempat ibunya,”ujar warga RK 3 RT 9 Tiyuh Karta Raharja tersebut.

Saat akan ditemui di rumah ibunya, Antika ternyata juga tidak berada dirumah tersebut. Adiknya, AF (15) mengaku kakaknya sedang keluar rumah bersama dengan anaknya dan tetangganya (teman).”Mbak gak ada di rumah, dia lagi jalan-jalan ke taman Faiz di Way Sido,”ujarnya singkat. 

Mendapatkan kabar pasien keluar dari rumah, Kepala Diskes Tubaba tampak kaget dan langsung memerintahkan Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2)  untuk segera menindaklanjutinya.”Kalau tetap seperti itu, maka akan kita tarik ke rumah sakit. Tapi, kita lihat juga kondisinya juga karena siapa tahu AT memang hanya mengalami batuk pilek saja, karena demamnya juga tidak ada. Yang jelas akan kita observasi terus,”singkat Majril. (fei/ang)

 

Komentar

Rekomendasi