oleh

Verifikasi ODF di Desa Cipadang

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan Pesawaran bersama UPT Puskesmas Gedongtataan melakukan verifikasi desa open defecation free (ODF) di Desa Cipadang, Senin (2/3). Kegiatan tersebut untuk memastikan masyarakat bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Pesawaran Parman mengatakan, Desa Cipadang sudah mengajukan verifikasi desa ODF melalui UPT Puskesmas Gedongtataan.

“Nanti setelah kami verifikasi ODF tingkat kabupaten, akan dilanjutkan ke tingkat provinsi. Ini jika Desa Cipadang lolos verifikasi tingkat kabupaten,” Parman mewakili Kepala Diskes Pesawaran Harun Tri Djoko.

Menurut Parman, verifikasi ODF di Desa Cipadang akan dilakukan ke semua dusun. Ada empat tim yang diturunkan untuk melakukan pemeriksaan. “Kami akan melakukan verifikasi bertahap pada tiga dusun. Nanti hasilnya akan kami kompilasi,” sebut dia.

Parman melanjutkan, verifikasi desa ODF bertujuan agar terwujud sanitasi aman guna mencegah timbulnya penyakit. Misalnya diare dan menekan angka stunting.

“Selama ini desa membangun jamban semi permanen yang sudah memenuhi syarat. Namun belum aman 100 persen. Selain itu, jika masyarakat masih buang air besar sembarangan, akan menyebabkan anak terkena diare yang memengaruhi asupan nutrisi yang masuk. Verifikasi ini untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Cipadang Sugianto mengatakan, pihaknya sudah mengimbau masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan. Kemudian tidak membuang sampah ke sungai untuk menjaga kebersihan lingkungan desa.

“Kami sudah mengimbau masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan. Harapannya, verifikasi ODF bisa terakomodasi terkait program pemerintah tentang jambanisasi,” kata Sugianto. (esn/ozi/ais)


Komentar

Rekomendasi