oleh

Dorongan PAUD Berkualitas, Disdikbud Mesuji Gelar Jambore PNFI

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mesuji mengadakan Jambore Pendidikan Non formal dan Informal (PNFI), di Balai Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya. Selasa (3/3).

Ada 74 peserta berpartisipasi mewakili 7 kecamatan yang ada di Mesuji. Mereka mengikuti beberapa lomba yang diadakan dalam acara Jambore ini, di antaranya lomba tari kreasi bertema tari nusantara sebanyak 42 peserta, lomba pengelolaan lembaga PAUD (14 peserta), lomba tutor terbaik (9 peserta dari PKBM), serta lomba pengelolaan PKBM (9 peserta dari PKBM).

Kegiatan ini dihadiri Bunda PAUD Mesuji Neli Wati Saply, Kepala Disdikbud Samsudin, S.Sos , Himpaudi Mesuji, PKBN Mesuji, para pendidik PAUD, dan para IGTK se-Mesuji.

Dalam sambutannya Neli Wati mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi Jambore PNFI ini.

“Saya selaku Bunda PAUD Mesuji sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena melalui acara ini diharapkan lahir gerakan lembaga dan pendidik PAUD maupun Dikmas yang berkualitas. Juga akan terjalin komunikasi yang konstruktif antara pendidik, sehingga timbul ide gagasan untuk anak-anak kita, dan sebagai ladang ibadah bagi para pendidiknya. Tempat di mana para pendidik bisa terus berkreasi, berinovasi, dan menciptakan generasi-generasi emas penerus bangsa,” ucapnya.

Dan, melalui kegiatan Jambore ini, dirinya mengajak mengembangkan potensi para pendidik guna menciptakan generasi penerus yang cemerlang. Karena anak didik berkualitas bergantung pada pendidik berkarakter.

“Anak didik kita adalah amanah yang Tuhan untuk kita. Menjaga dan mendidiknya adalah kewajiban kita bersama. Mari wujudkan program Pendidikan Anak Usia Dini dan Program Dikmas yaitu mendidik dan mencerdaskan anak bangsa demi masa depan yang gemilang,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Disdikbud Mesuji Samsudin mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk proses penilaian terhadap lembaga, baik itu PAUD maupun DIKMAS.

Selain itu juga untuk mengasah kreatifitas dan bakat, tidak hanya anak didik tapi juga para pendidiknya. Sekaligus ajang kompetitif yang positif yang akan mendorong para tenaga pendidik untuk lebih berinovasi, kreatif, dan berkarakter.

Dijelaskan, berdasarkan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, mengamanatkan dengan tegas bahwa sistem pendidikan harus mampu menjamin pemerataan pendidikan, dan sebagai strategi pembangunan sumber daya manusia yang cerdas dan komprehensif. “Salah satu pola belajar dapat diciptakan dengan kegiatan seperti jambore ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Disdikbud Mesuji. Pesertanya adalah para tenaga pendidik, baik itu dari PAUD maupun Dikmas. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi