oleh

Diskes Siaga Virus Corona, Polres Lidik Penimbunan Masker

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona (Covid-19). Hal ini menyusul adanya dua warga Depok, Jawa Barat yang terserang virus tersebut.

Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan dan mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan tertularnya penyakit.

“Kita mengikuti arahan dari Kemenkes untuk tetap waspada dan meningkatkan sistem surveylans berbasis masyarakat dan rumah sakit. Kami juga imbau kepada masyarakat agar tidak panik,” kata Taufik.

Dijelaskan, bahwa Corona virus adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Tiongkok.

Gejala klinisnya, demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan dan letih lesu. “Covid-19 masih satu keluarga dengan penyebab SARS dan MERS dan sampai sekarang belum ada vaksin Covid-19,” terangnya.

Taufik mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta tidak menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya. Masyarakat juga harus tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat, berolahraga rutin dan mengonsumsi sayur serta buah-buahan.

“Saat ini belum ada warga Tanggamus yang terserang virus Corona. Harapannya, jangan sampai ada. Untuk itu masyarakat harus melakukan tindakan pencegahan seperti cuci tangan pakai sabun, jangan konsumsi daging yang tidak dimasak, hati-hati kontak dengan hewan, istirahat cukup, gunakan masker apabila batuk serta pilek. Bila batuk, pilek dan nafas sesak, segera ke fasilitas kesehatan,” tegasnya.

Lebih jauh Taufik menyatakan, stok masker di Diskes dan puskesmas masih mencukupi. “Penggunaan masker sesuai arahan menteri kesehatan, hanya untuk yang sakit dan petugas kesehatan yang menangani orang sakit,” pungkasnya.

Pada bagian lain, Polres Tanggamus sudah melakukan antisipasi terhadap kelangkaan masker akibat aksi borong karena virus Corona. Kabag Ops Kompol Bunyamin mengatakan, berdasar hasil penyelidikan yang dilakukan Satreskrim, tidak ada aksi penimbunan masker. Saat ini masker masih tersedia dengan harga normal.

“Satreskrim telah melakukan langkah-langkah upaya lidik adanya aksi penimbunan masker demi keuntungan pribadi atau pihak tertentu, ditengah isu Corona. Sampai saat ini belum kita temukan adanya penimbunan masker di wilayah Tanggamus, kata Bunyamin mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto melalui pesan WhatsApp. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi